Sukses

Harga Bawang Merah Masih Betah di Rp 36 Ribu per Kg

Pedagang mengatakan ahalnya harga bawang karena minimnya pasokan di Pasar Induk Keramat Jati.

Liputan6.com, Jakarta Pedagang pasar tradisional mengungkapkan, harga komoditas bawang merah masih terpantau tinggi di pasaran. Saat ini harga bawang merah masih belum beranjak dari Rp 36 ribu per kg.

Hadi Sukarto (48) pedagang di Pasar Kebayoran Lama mengatakan, harga tersebut bertahan lebih dari sepekan. "Kalau harga masih stabil semua ini. Bawang merah yang masih mahal Rp 36 ribu sudah semingguan. Itu harga jualnya," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Jumat (10/4/2015).

Dengan harga tersebut, Hadi mengatakan kini merogoh uang lebih banyak. Paling tidak modal yang dikeluarkan sekitar Rp 30 ribu per kg.

Dia berpendapat mahalnya harga bawang karena minimnya pasokan di Pasar Induk Keramat Jati. Apalagi, kini cuaca tidak menentu yang berimbas pada kondisi bawang merah itu sendiri.

"Kalau musim hujan banyak yang rusak, kan ada tanahnya," ujar dia.

Pedagang lain Sobari (40) mengungkapkan hal yang senada jika harga bawang merah sedang tinggi. Bahkan, pihaknya mengeluhkan selain mahal, bawang merah di pasaran ukurannya kecil-kecil.

"Yang biasa Rp 35 ribuan itu juga banyak kecil-kecil. Kurang umur dicabut," ujarnya.

Tak hanya bawang merah, dia mengatakan harga tomat juga terpantau tinggi di pasaran. "Tomat sekarang Rp 12 ribu biasanya Rp 8.000 sampai Rp 7.000 per kg," tandas dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com:

Bawang merah Rp 36 ribu per kg
Bawang putih Rp 20 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 20 ribu per kg
Cabai  hijau rawit Rp 28 ribu per kg
Cabai merah rawit Rp 28 ribu per kg
Kentang Rp 10 ribu per kg
Timun Rp 8.000 per kg
Sawi Rp 8.000 per kg
Tomat Rp 12 ribu per kg
Kol Rp 8.000 per kg
Daun bawang Rp 12 ribu per kg
Seledri Rp 20 ribu per kg. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini