Sukses

Daniel Suelo, Pria yang Hidup Tanpa Uang dan Tinggal di Gua

Suelo meninggalkan seluruh uang yang dimiliki dan memutuskan tinggal di Gua. Dia bahkan memahat tempat tidurnya dari batu

Liputan6.com, New York - Menjalani kehidupan tanpa uang di era super moderen ini tentu bukan hal mudah untuk dijalani. Bahkan banyak yang akan berpikir Anda sudah gila jika memutuskan hidup tanpa uang saat sebagian besar orang justru bekerja keras mencari uang.

Tapi Gua di Gurun Utah justru merupakan saksi bisu `kegilaan` Daniel Suelo, pria berusia 53 tahun, yang memutuskan untuk hidup tanpa uang. Selama 12 tahun hingga 2012, Suelo memang memutuskan untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya tanpa menggunakan uang sepeser pun.

Pada 2000, dia meninggalkan uang terakhirnya sejumlah US$ 30 di telepon umum. Suelo lantas berjalan menuju gurun dan memulai kehidupan barunya di Moab, Utah.

Pertahanannya untuk hidup tanpa uang memang patut diacungi jempol. Cara Suelo menjalani hidup bahkan menjadi inspirasi bagi ribuan warga Amerika Serikat yang menderita akibat krisis finansial global yang terjadi pada 2008.

Bagaimana Suelo berhasil menjalani kehidupannya tanpa uang selama 12 tahun? Berikut kisah perjalanan hidup Daniel Suelo tanpa uang seperti dikutip dari Daily Mail, BBC.co.uk, The Guardian, dan sejumlah sumber lain, Jumat (10/4/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memanfaatkan anugerah Tuhan

Manfaatkan anugerah Tuhan

Lahir dari keluarga fundamentalis ultra-konservatif, Suelo sangat taat pada agamanya. Meski begitu, pada perguruan tinggi, dia mendalami keyakinannya dan memutuskan, uang dapat membedakan manusia.

Dalam salah satu tulisannya, Suelo mengatakan, dirinya tak menggunakan uang atau menerima uang. Begitu juga, dirinya tak mau melakukan barter atau pertukaran barang. Apalagi menerima bantuan dari pemerintah.

Filosopinya sederhana, Suelo hanya ingin menggunakan apa yang telah dianugerahkan Tuhan pada manusia. Menurutnya, dunia ini mengandung banyak hadiah dari Tuhan dan dia memilih untuk tidak mengabaikan seluruh anugerah tersebut.

Menurut Suelo, seluruh manusia kini tinggal di lingkungan yang memaksanya memiliki uang. Karenanya, Suelo memutuskan untuk tinggal dan bertahan hidup di luar lingkaran tersebut.

Suelo memutuskan untuk hidup tanpa menggunakan uang sama sekali dan memanfaatkan tanaman sebagai makanan hingga gua sebagai tempat tinggalnya.

3 dari 4 halaman

Hidup tanpa uang


Hidup tanpa uang

Daniel Suelo akhirnya mengambil keputusan besar dalam hidupnya untuk hidup tanpa uang. Tak hanya meninggalkan seluruh uangnya, dia juga membuang paspor dan surat izin mengemudi yang dimiliki.

Dia bahkan mengganti namanya, dari Shellabarger menjadi Suelo, yang dalam bahasa Spanyol berarti tanah. Sejak itu juga Suelo memutuskan untuk tinggal di alam bebas.

Suelo mulai belajar mendirikan tenda dengan peralatan seadanya, tinggal di berbagai gua, menumpang tinggal di rumah-rumah orang asing. Selama beberapa tahun, Suelo akhirnya menetap di sebuah gua di Utah.

4 dari 4 halaman

Tinggal di Gua

Tinggal di Gua

Gua tempat Suelo tinggal berada di antara tebing dengan ketinggian 50 kaki. Dia bahkan memahat tempat tidurnya dari batu.

Untuk makan sehari-hari, dia mencari makanan dari alam sekitar, minum air dari mata air dan mandi di sungai dekat gua tempat tinggalnya. Setiap pendaki tebing dapat bermalam di gua tempat tinggalnya.

Tentu saja, Suelo tak keberatan berbagi 'rumah', buku-bukunya dan bunga-bunga liar serta biji kaktus yang menjadi jamuan makan malamnya. Perjalanan Suelo hidup tanpa uang bukan tanpa godaan, dia pernah mendapatkan uang US$ 500 sebagai pengembalian pajaknya.

Meski akhirnya dia kembali memilih jalan hidupnya tanpa uang hingga belasan tahun. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini