Sukses

5,7 Juta Pemudik Diprediksi Manfaatkan Kereta Api di Lebaran Ini

Calon pemudik sudah bisa memesan tiket kereta api kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif melalui semua channel penjualan tiket.

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat yang ingin mudik lebaran dengan menggunakan kereta api, kini sudah bisa membeli tiket untuk H-7 sebelum lebaran.

Terhitung sejak Sabtu (11/4/2015), calon pemudik sudah bisa memesan tiket kereta api kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif melalui semua channel penjualan tiket seperti contact center 121, tiket.kereta-api.co.Id, aplikasi KAI access pada ponsel, mini market, pegadaian, agen resmi dan berbagai channel.

Direktur Komersial PT KAI, Bambang Eko Martono mengatakan langkah ini dilakukan untuk memudahkan masyarakan untuk merencanakan perjalanan jauh hari sebelum pemberangkatannya.

"Untuk sekarang yang H-7 itu untuk pemesanan jarak jauh dan menengah. Sistem pemesanan tiket H-90 untuk lebih memudahkan masyarakat," jelas dia saat ditemui di Bandung, Sabtu (11/4/2015).

Dijelaskannya, untuk tahun 2015 dirinya memperkirakan terjadi kenaikan sebanyak 3 persen dalam jumlah pemudik yang akan menggunakan transportasi kereta api.

"Kalau tahun lalu jumlah total penumpang ada 5,5 juta, tahun sekarang kita perkirakan ada kenaikan 3 persen ya jadi 5,7 penumpang," jelasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sendiri, pihaknya menambah kapasitas angkut kereta api jarak jauh dan sedang dari 79.654 tempat duduk per harinya pada tahun lalu menjadi 88.676 tempat duduk setiap harinya.

"Ada penambahan sekitar 11 persen dari tahun lalu karena tahun ini ada tambahan kereta api baru seperti Jayabaya, Kamandaka dan Malioboro Ekspres," tutup dia. (Okan/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.