Sukses

Dongkrak Pendapatan, Pemda Bangun Sentra Kerajinan Batu Akik

Pembangunan sentra batu akik jadi upaya meningkatkan sumber pendapatan kota Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Pemerintah daerah Makassar akan menyiapkan anggaran untuk membuat sentra kerajinan batu akik. Hal itu melihat pertumbuhan usaha batu akik yang pesat di kota Makassar.

"Saya kira itu ide yang sangat positif. Pemerintah Kota tentu akan mendukungnya," kata Walikota Makassar, Moh. Romdhan Pomanto kepada Liputan6.com, yang ditulis Minggu (12/4/2015).

Danny menilai, pembangunan sentra kerajinan batu akik merupakan upaya peningkatan sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kota Makassar.

"Mengenai anggarannya tentu akan kami efektifkan. Ide pembuatan sentra kerajinan batu akik ini patut diapresiasi karena dampaknya sangat positif dan tentunya menjadi salah satu sumber PAD kami nanti," tutur Romdhan.

Jauh sebelum ide ini tercetus, Romdhan menyatakan sudah pernah berbincang bincang dengan seorang lurah yang kebetulan di daerahnya paling banyak aktivitas masyarakat berdagang bongkahan batu-batu lokal. Batu lokal yang dijual seperti jenis bongkahan batu sisik naga yang sangat digemari masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Dulu pak Lurah Batua Makassar pernah cerita hal ini, cuma pada saat itu saya belum terlalu respons. Setelah dipikir lebih dalam ternyata ide pembuatan sentra kerajinan batu akik itu sangat positif apalagi kaitannya dengan peningkatan PAD sekaligus memberdayakan masyarakat yang memiliki keahlian menggosok batu agar nilainya berharga. Tak hanya itu juga diharapkan bisa jadi ikon Sulsel ke depannya dan khususnya kota Makassar ," kata Romdhan. (Eka H/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini