Sukses

Ini Dia Senjata Terlaris Buatan Pindad

Selain memproduksi Panser Anoa yang banyak dipesan negara-negara di dunia, Pindad juga mampu menghasilkan beraneka ragam senjata.

Liputan6.com, Bandung - PT Pindad (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di sektor industri pertahanan. Selain memproduksi Panser Anoa yang banyak dipesan negara-negara di dunia, Pindad juga mampu menghasilkan beraneka ragam senjata, baik laras panjang ataupun pistol.

Tak hanya itu, Pindad kini juga telah mampu menghasilkan amunisi sendiri dengan berbagai macam varian. Hal itu menjadi keunggulan Pindad dalam memberikan pilihan bagi para calon pembelinya.

Lalu senjata apa yang paling laris terjual?

‎Kepala Departemen Enginering Divisi Senjata PT Pindad Diding Sumardi menjelaskan, Senapan Serbu (SS) 2 menjadi senapan terlaris yang diproduksi oleh BUMN yang bermarkas di Bandung itu.

"Paling laris itu SS2, ini semua TNI kita sudah menggunakan ini," kata Diding saat berbincang dengan Liputan6.com di Bandung, pekan lalu.

Senjata yang merupakan generasi kedua dari SS1 ini pertama kali dikenalkan oleh Pindad pada 2006. Hingga saat ini, Pindad telah mampu menjual setidaknya 50 ribu pucuk senapan.

Ini dia senjata paling laris buatan PT Pindad (Fotografer: Ilyas Istianur P/Liputan6.com)

Sementara itu, yang menjadi pengguna dari SS2 ini adalah TNI dan Polri. Dijelaskan Diding, Pindad saat ini belum mengekspor jenis senjata tersebut karena harus memasok kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu.

SS2 ini merupakan jenis senjata laras panjang yang memiliki jarak tembak sekitar 400 meter. Namun begitu senjata ini juga bisa digunakan untuk menembak sasaran dengan jarak 600 meter dengan syarat harus dilengkapi dengan teleskop.

"Untuk harganya, SS2 ini satu unit tidak sampai Rp 10 juta, sekitar Rp 9 jutaan," tegas Diding.

‎Adapun varian SS2 ini adalah SS2-V5, SS2-V1, SS2-V2, SS2-V4, SS2-V1 HB, SS2-V2 HB, SS2-V4 HB dan SS-V5 A1. Semua jenis SS2 ini menggunakan peluru kaliber 5,56 mm. Masing-masing jenis varian tersebut dibedakan dengan panjang laras, mengingat kebutuhan setiap instansi berbeda-beda.

Tak hanya itu, keunggulan SS2 ini juga dapat dilengkapi beberapa asesoris mulai dari teleskop, lampu senter hingga lampu laser sebagai titik bidik. (Yas/Ndw)‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.