Sukses

5 Persamaan Cari Kerja dengan Berkencan

Mencari pekerjaan ternyata memiliki banyak kesamaan dengan saat berkencan. Ini dia 5 persamaannya

Liputan6.com, New York - Mencari pekerjaan seringkali melelahkan dan menguras banyak waktu pribadi. Tak heran banyak orang merasa mencari pekerjaan sebagai aktivitas yang sangat membosankan.

Tapi mengutip laman Career Realism, Rabu (15/4/2015), jika Anda sedikit mengubah sudut pandang tersebut, mencari pekerjaan ternyata ibarat sedang berkencan. Cukup lucu memang mengetahui bahwa mencari pekerjaan ternyata memiliki banyak kesamaan dengan saat berkencan.

Berikut adalah lima faktor utama yang membuat pencarian pekerjaan sama dengan berkencan:

1. Butuh chemistry

Saat berkencan dengan seseorang, secara umum Anda akan dapat menebak apakah dirinya cocok untuk Anda atau tidak. Mengapa begitu? Chemistry atau rasa ketertarikan. Setidaknya itu yang dapat Anda rasakan saat bersamanya.

Saat mencari pekerjaan, Anda juga membutuhkan rasa ketertarikan yang sama untuk mengetahuinya. Kadang dengan melihat foto kantor atau sikap atasan maka kesan yang diberikan dapat membuat Anda mengetahui perusahaan tersebut tepat atau tidak.

2. Harus agak pemilih

Meskipun penting bagi Anda untuk mempersempit pilihan yang Anda, tapi Anda tak boleh terlalu pemilih. Seperti pepatah tua yang mengatakan, tak ada yang sempurna.

Begitu juga saat Anda mencari pekerjaan. Anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan dan menganalisa berbagai faktor di dalamnya. Meski begitu, ingat, jangan terlalu pemilih karena bisa jadi akhirnya Anda justru tidak memilih apapun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Bukan soal penampilan

Di sekolah, banyak wanita yang tertarik dengan bintang sekolah atau pemain basket handal. Biasanya, para pria yang menjadi bintang memiliki penampilan menarik, populer dan cerdas.

Meski dengan penampilan yang sempurna, bukan berarti setiap gadis cocok dengannya. Konsep itu juga sama halnya dengan para pencari kerja yang mungkin mendapati satu pekerjaan yang diincar banyak orang.

Tapi belum tentu, perusahaan keren itu cocok untuk Anda. Artinya, para pencari kerja harus mengetahui faktor apa saja dari perusahaan yang cocok dengan kualifikasinya.

4. Membuat perusahaan ingin bertemu lagi

Setelah kencan pertama, Anda tentu berusaha membuatnya ingin berkencan kembali dengan Anda. Begitu juga saat mencari pekerjaan.

Sebagai pencari kerja, Anda harus mempengaruhi pihak perusahaan agar memberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan Anda. Bahkan setelah wawancara selesai, Anda harus menunjukkan rasa terima kasih karena peluang tersebut.

Itu semua dapat merasa dirinya merasa diharga dan mencari Anda kembali.

5. Jangan terburu-buru

Anda tak perlu langsung memintanya menjadi kekasih pada kencan pertama. Pelan-pelan saja, pikirkan apakah Anda benar-benar ingin bersamanya. Begitu juga setelah selesai melakukan wawancara kerja, pikirkan baik-baik apakah itu pekerjaan yang Anda harapkan. (

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.