Sukses

Ini Syarat yang Mesti Dipenuhi Direksi BEI

Kepada Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida menegaskan, direksi BEI mesti mendapatkan dukungan dari sepuluh anggota bursa.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan direksi Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai hangat dibicarakan. Sejumlah paket calon direksi BEI pun telah memaparkan visi misinya kepada anggota bursa. Lalu bagaimana syarat untuk pencalonanan direksi BEI.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal menerima paket direksi PT Bursa Efek Indonesia pada 30 April 2015. Lalu OJK akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan untuk calon direksi pada 1 Mei-3 Juni 2015.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida mengatakan, direksi BEI mesti memenuhi syarat yang sesuai Peraturan III.A.3 tentang persyaratan calon komisaris dan direktur BEI untuk masuk bursa pencalonan.

Dalam ketentuan tersebut disebutkan pengajuan calon direktur BEI wajib dilakukan kelompok anggota bursa (AB) dengan jumlah paling sedikit 10 AB.

"Sesuai dengan III.A.3 pengajuan calon dilakukan oleh AB. Sepuluh AB secara bersama melakukan transaksi efek 10 persen selama 12 bulan," kata dia, Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Nurhaida mengatakan, AB tidak boleh mengajukan kandidat di dua paket yang berbeda. Dalam hal ini, AB bertanggung jawab dalam mencari dan menyeleksi direksi BEI.  "Harus memiliki keahlian dan pengalaman yang diemban BEI," ujar Nurhaida.

Lebih lanjut, sesuai ketentuan yang berlaku jumlah direksi BEI yang ditetapkan tujuh orang. Untuk komposisinya, direksi bursa juga mesti sesuai dengan persyaratan yang ditentukan sebagai berikut:

1. Paling sedikit 1 orang calon direktur wajib mempunyai pengalaman posisi direktur pada perusahaan yang bergerak di bidang keuangan paling kurang 5 tahun. Dengan ketentuan paling kurang 3 tahun berpengalaman pada posisi perusahaan efek.

2. Paling sedikit 1 orang calon direktur wajib berpengalaman pada manajerial paling kurang satu tingkat di bawah direktur atau jabatan yang setara pada institusi pengawas pasar modal dan/atau organisasi yang diberi kewenangan oleh Undang-undang Pasar Modal untuk mengatur pelaksanaan kegiatannya paling kurang 5 tahun.

3. Paling sedikit 1 calon direktur wajib mempunyai pengalaman dalam posisi manajerial pada bidang pengelolaan investasi pada perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, atau yang mempunyai pengalaman sebagai profesional di bidang hukum, akuntansi atau keuangan yang berpraktik secara aktif dalam bidang pasar modal paling kurang 5 tahun.

4. Khusus bagi calon direktur yang bertanggung jawab di bidang teknologi, wajib berpengalaman dalam posisi manajerial pada bidang teknologi informasi paling kurang 5 tahun dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai sistem informasi perusahaan yang bergerak di bidang keuangan.

"Saya ingin sampaikan paket yang ada akan dilakukan fit and proper test. Nanti akan dipilih satu yang terbaik, Direktur Utama, IT, Penilaian dan lain-lain. OJK melihat yang terbaik siapa agar kemudian dapat manajemen terbaik," jelas Nurhaida.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lima Paket Direksi BEI

Lima Paket Direksi BEI

Kemarin, lima paket calon direksi BEI telah memperkenalkan diri ke Asosiasi Perusahaan efek Indonesia (APEI). Dalam pertemuan tersebut, paket direksi menjabarkan visi, misi dan program yang diusung masing-masing.

"Syaratnya masing-masing paket harus 10 persen value dari 10 broker minimal. Kalau mereka bisa memenuhi itu mereka submit pendaftaran OJK. Sekarang mereka harus berjuang mendaftarkan 10 persen. Karena kami belum kenal 5 paket means 35 orang," kata Koordinator Komite Ketua Umum APEI Susy Meilina.

Berikut lima paket direksi BEI tersebut:

Paket I

Direktur Utama Tito Sulistio
Direktur Pengawasan Liz Da Lopes
Direktur Perdagangan Alpino Kianjaya
Direktur Keuangan dan SDM Krishna Suparto
Direktur Penilaian Perusahaan Andrew Aswin
Direktur Teknologi Informasi M Mukhlis
Direktur Pengembangan Kanya Laksmi

Paket II

Direktur Utama Samsul Hidayat Direktur Teknologi Yohanes Liauw
Direktur Penilaian perusahaan Chaeruddin Berlian
Direktur Pengawasan I Gede Nyoman Yetna
Direktur Perdagangan Sulistyo Budi
Direktur Pengembangan Ratih D.Item
Direktur Keuangan SDM Hamdi Hassyarbini

Paket III

Direktur Utama Abiprayadi Riyanto
Direktur Perdagangan Wijaya Subekti
Direktur Pengembangan Nicky Hogan
Direktur Teknologi Patricius  Sendjojo
Direktur Keuangan SDM Susanti Wijaya
Direktur Penilaian Perusahaan Supandi
Direktur Pengawasan Trisnaldi Yulrisman

Paket IV

Direktur Utama Reynaldi Hermansjah
Direktur Pengawasan Kristian Manullang
Direktur Perdagangan Bambang Widodo
Direktur Penilaian Perusahaan Ignatius Girendroheru
Direktur Teknologi Informasi Fifi Virgantri
Direktur Keuangan SDM Budi Sanjaya
Direktur Pengembangan Grace Wiragesang

Paket V

Direktur Utama Ronald T Andi Kasim
Direktur Penilaian Perusahaan Rudy Utomo
Direktur Pengawasan Transaksi Justisia Tripurwosari
Direktur Perdagangan  John Tambunan
Direktur Teknologi Informasi Muhamad Sudarmaji
Direktur Keuangan SDM Yohanes Abimanyu
Direktur Pengembangan Zaki Mubarak

(Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini