Sukses

Meluncur Mei, Ini Bocoran Produk BBM Baru Pertamina

Produk tersebut memiliki kandungan Research Oktant Number (RON) 90 hingga 91. Diatas Premium dan dibawah Pertamax 92.

Liputan6.com, Jakarta Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak Dan Gas (Hiswana Migas) mengaku sudah mendapat bocoran rencana PT Pertamina (Persero) mengeluarkan produk baru Bahan Bakar Minyak (BBM) sejak dua bulan lalu.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hiswana Migas wilayah DKI Jakarta, Jawabarat dan Banten Juan Tarigan, mengakata nama produk baru BBM tersebut Pertalite. Produk tersebut memiliki kandungan Research Oktant Number (RON) 90 hingga 91. Diatas Premium dan dibawah Pertamax 92.

"Pertamina akan launching Pertalite RON berada 90-91," kata Juan, di Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Juan menambahkan, produk tersebut rencanya akan diluncurkan Mei 2015, namun untuk teknis penyaluran dan harga, ia belum mendapat penjelasan dari Pertamina. "Kebijakan ini baru kami tahu tapi detailnya belum tahu. Teknisnya seperti apa belum tahu. Mei dilaksanakan," ujarnya.

Menurut Juan, pemasaran produk BBM baru dilakukan untuk menjalankan amanat pemerintah menghapuskan BBM RON 88. "Kami kutip statement Pertamina, amanat pemerintah ingin menghapus premium, salah satunya melakukan percepatan Pertamina launching Pertalite," tutupnya.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengungkapkan, produk baru yang akan diluncurkan Mei tersebut untuk memberi pilihan masyarakat dalam  mengkonsumsi BBM.

Pasalnya, dengan kandungan ron diantara premium ron 88 dan pertamax ron 92, sehingga harganya lebih murah dari Pertamax. "Tengahnya saja antara Premium dan Pertamax. Kami menetapkan harga dibawah Pertamax diatas premium," tutup dia. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina