Sukses

Jokowi Masuk Jajaran Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didaulat sebagai salah satu orang paling berpengaruh dunia versi Time.

Liputan6.com, New York - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didaulat sebagai salah satu orang paling berpengaruh dunia versi Time. Sejak pemilihan umum tahun lalu, Jokowi memberikan energi luar biasa dan sangat populer di Tanah Air yang dikenal sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia.

Seperti ulasan versi Time, Jumat (17/4/2015), Jokowi sukses berkembang dari sosok yang rendah diri menjadi pengusaha kaya. Hal serupa juga dialami presiden pertama Indonesia.

Dia juga terkenal walikota Solo, kampung halamannya. Setelah itu, dia berhasil terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta, salah satu kota metropolitan di Indonesia.

"Saya terkesan saat dia berani melawan organisasi muslim radikal yang keberatan dengan penunjukkan pada seorang wanita kristen untuk memimpin salah satu kota di DKI Jakarta pada 2013," tutur mantan Presiden Bank Dunia Paul Wolfowitz.

Dia menjelaskan, komitmen diversitas tradisi keagamaan itulah yang membuat kesuksesan Jokowi di Indonesia. Tak hanya di negeri sendiri, tapi juga bagi dunia yang membutuhkan contoh kesuksesan demokrasi bagi negara yang sebagian besar penduduknya menganut agama Islam.

"Tapi dia membutuhkan seluruh popularitasnya dan lebih banyak faktor lain untuk mengatasi berbagai persoalan di Indonesia dan memberikan perubahan besar," tuturnya.

Berada dalam jajaran orang paling berpengaruh di dunia, Jokowi bersanding dengan pimpinan hebat lain seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri Narendra Modi, dan Presiden China Xi Jinping. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini