Sukses

3 Pertimbangan jika Ingin Pensiun Dini

Sayangnya, banyak orang tidak siap secara finansial untuk masa pensiunnya.

Liputan6.com, New York - Saat memasuki usia akhir 40-an atau 50-an, Anda mungkin bertanya-tanya kapankah saat yang tepat untuk pensiun?. Menurut Benefit Research Institute, tiga dari 10 pekerja berharap bisa pensiun sebelum usia mereka mencapai 65 tahun.
 
Namun sayangnya, banyak orang tidak siap secara finansial untuk memasuki masa pensiun.
 
Melansir laman CNBC, Selasa (21/4/2015), sebuah survei baru menemukan 40 persen pekerja tidak memiliki simpanan dan 21 persen hanya memiliki simpanan kurang dari US$ 100 ribu saat mereka memasuki masa pensiun.
 
Nah, jika Anda menginginkan bisa memasuki masa pensiun sebelum akhir 60-an, tabungan menjadi hal penting pertama yang harus dilakukan. Kemudian mempertimbangkan tiga variabel yang juga dapat mempengaruhi Anda untuk bisa pensiun dini.

1. Harapan hidup

Salah satu risiko terbesar untuk menyiapkan masa pensiun mencari uang di saat masih produktif. Bahkan jika Anda berpikir ingin pensiun dini, Anda berharap untuk bisa hidup lebih lama dan sehat.
 
Penelitian menunjukkan jika memiliki harapan hidup, Anda cenderung bekerja lebih lama. Sebab nantinya, jika memasuki masa pensiun, semakin sedikit uang yang Anda butuhkan saat itu.
 
2. Masalah kesehatan

Masalah kesehatan dapat berpengaruh besar pada keputusan Anda untuk pensiun dini.

Salah satu analisis, dengan menggunakan data dari National Institute on Aging Health Study, menunjukkan kesehatan yang buruk adalah pengaruh kuat dari variabel keuangan terhadap keputusan seseorang untuk pensiun.

Lebih dari sepertiga dari mereka yang berusia 55-59 tahun memiliki kesehatan yang buruk sebagai pertimbangan sangat penting dalam keputusan mereka untuk pensiun.
 
3. Hitung penghasilan

Memperkirakan berapa banyak penghasilan akan bisa mengetahui seberapa besar sumber pensiun Anda. Ini termasuk jaminan Sosial, pensiun, rekening pensiun lain dan tabungan.
 
Pikirkan pertanyaan seperti, apakah biaya hidup Anda akan lebih besar atau kurang daripada sekarang?. Berapa lama pendapatan yang akan memungkinkan Anda untuk menjaga gaya hidup di masa pensiun?.

Sebab memiliki aset pensiun pasti bisa membantu pensiun dini.(Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun

Video Terkini