Sukses

Berapa Kadar RON Pertalite?

Kehadiran pertalite nantinya akan memberi pilihan baru untuk masyarakat dalam mengkonsumsi BBM.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengungkapkan produk Bahan Bakar Minyak (BBM) baru pertalite memilki kadar Research Octane Number (RON) 90.

Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, kehadiran pertalite nantinya akan memberi pilihan baru untuk masyarakat dalam mengkonsumsi BBM.

"Pertalite adalah varian baru yang ingin dikembangkan di antara RON 88 dan RON 92," kata Dwi, di kantor Direktorat Jenderal Migas, Jakarta, Senin (20/4/2015).

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang menambahkan, pertalite akan menambah melengkapi kandungan BBM yang dijual Pertamina. Pasalnya saat ini ada jeda yang lebar antara premium RON 88 dengan pertamax RON 92.

"Kemungkinan produk baru penuhi kebutuhan masyarakat yang ingin BBM lebih bagus tapi beda harga nggak terlalu jauh," ungkapnya.

Menurut Bambang, untuk memasarkan BBM dengan kadar RON 90 Pertamina telah mengantungi izin dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Saat ini Pertamina masih menunggu kajian dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (LEMIGAS) Kementerian ESDM.

"Dari sisi spek ada Surat Keputusan dari Dirjen Migas 313/2013 tentang spek BBM RON 90. Kami coba ngetes produk memenuhi nggak?," pungkasnya.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini