Sukses

Harga Minyak Naik di Tengah Penurunan Pengiriman AS

Perusahaan jasa minyak AS Genscape melaporkan penurunan lebih 900 ribu barel pada titik pengiriman Cushing, Oklahoma

Liputan6.com, New York - Harga minyak bertambah usai terjadi penurunan stok di titik pengiriman minyak mentah AS pada paruh kedua pekan lalu, melebihi tekanan rekor produksi yang dilakukan produsen minyak terbesar dunia, Arab Saudi.

Melansir laman Reuters, harga minyak Brent, menetap di posisi US$ 63,45 per barel, setelah jatuh lebih dari US$ 1 di awal sesi. Sedangkan minyak mentah AS ditutup naik 64 sen menjadi US$ 56,38, setelah berayun lebih dari US$ 2 per barel.

Ketegangan setelah pengiriman kapal Angkatan Laut AS ke perairan dekat Yaman dan peringatan yang dikeluarkan Arab Saudi tentang serangan militan mungkin juga akan menempatkan harga North Sea Brent dan mentah AS kembali turun, menurut para pedagang.

"Persaingan pengaruh pasti ada, di mana minyak mentah AS sebagai sapi jantan, sedangkan beruang menerkam rekor keluaran minyak Saudi," kata John Kilduff, mitra Hedge Fund Energi Again Capital.

Perusahaan jasa minyak Genscape melaporkan penurunan lebih 900 ribu barel pada titik pengiriman Cushing, Oklahoma. SAampai Jumat, Genscape melaporkan membangun sekitar 350 ribu barel.

Spekulasi telah tersebar luas bahwa cepat jika pasokan minyak mentah AS akan segera menyebabkan tangki penyimpanan di Cushing bertambah, meninggalkan sedikit atau tidak ada ruang untuk pasokan yang lebih. Penurunan yang dilaporkan Genscape meredakan kecemasan itu.

Harga minyak mentah telah meningkat sekitar 17 persen sejak April mulai, di tengah spekulasi tentang sebagai jumlah rig minyak AS di dalam negeri mencapai posisi terendah di 2010.

Namun bank dan utama Wall Street pedagang energi Morgan Stanley mengatakan penurunan itu bisa sebanding dengan peningkatan produksi Saudi.

"Arab Saudi saja menambahkan setara dengan setengah dari produksi Bakken dalam hitungan bulan - jauh melampaui perlambatan AS," kata surat itu.

Bakken, AS shale bidang ketiga terbesar dengan produksi, sekitar 1,3 juta barel per hari.

Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi kepada Reuters mengatakan, negaranya diperkirakan akan menghasilkan pada produksi rekor tertinggi mendekati sekitar 10 juta barel per hari pada April. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini