Sukses

Hari Kartini, Bagaimana Posisi Perempuan dalam Perekonomian?

Kini banyak perempuan memang telah bergerak mandiri.

Liputan6.com, Jakarta -
Tanggal 21 April diperingati sebagai dengan Hari Kartini atau masyarakat akrab menyebutnya sebagai hari perempuan Indonesia. Hari ini menjadi momen penting, lantaran  bentuk peringatan kesetaraan perempuan di segala bidang. Lantas, bagaimana posisi perempuan saat ini di bidang ekonomi?.
 
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, posisi perempuan saat telah lebih baik. Terlihat, sekarang banyak jabatan di perusahaan yang diisi oleh perempuan.
 
"Perempuan sudah mendapatkan emansipasi, di tempat kerja mendapatkan posisi. Jadi posisinya sudah signifikan," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (21/4/2015).
 
Sejalan dengan itu, kini banyak perempuan memang telah bergerak mandiri. Banyak perempuan telah memiliki usaha sendiri untuk mencukupi kehidupannya.
 
"Kita lihat banyak perempuan juga banyak yang menjadi wirausaha. Jumlahnya juga sudah banyak," ujarnya.
 
Memang, dalam bekerja perempuan masih tidak selues seperti laki-laki. Ada kalanya perempuan yang juga mesti membagi waktu karena posisinya sebagai ibu rumah tangga dan mengurus keluarga.
 
Belum lagi, ketika mereka harus berada pada posisi sedang hamil ataupun menyusui. "Cuma memang perlu diberikan fasilitas tempat menyusui. Pada saat melahirkan diberi waktu tiga bulan," ujarnya.
 
Kemudian untuk wirausaha perlu di dalam akses permodalan dan akses pasar. "Akses market, capasity building dan pelatihannya perlu didorong," tandas dia.(Amd/Nrm)
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.