Sukses

416 Ribu Pemegang KPS Belum Cairkan Dana Bantuan Sosial

Kemungkinan penerima KPS sengaja menyimpan dana bantuan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) mengungkapkan, sebanyak 416 ribu penerima kartu pelindungan sosial (KPS) belum melakukan pencairan dana bantuan.

"Dari 2014 sampai 31 Maret ini, ada 418 ribu penerima KPS yang belum mencairkan dananya," ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Kantor Kementerian Sosial, Kamis (23/4/2015).

Dia menjelaskan, ada empat hal yang diperkirakan menjadi penyebab para peneriman kartu perlindungan sosial tersebut tidak mencairkan dana bantuan yang didapatnya.

Pertama, para penerima KPS di daerah belum terkomunikasikan dan terinformasikan dengan baik. Kedua, ada kemungkinan penerima KPS sengaja menyimpan dana bantuan tersebut.

"Mungkin karena mereka mendengar ini berupa simpanan jadi kalau tidak mencairkan tidak hangus," lanjutnya.

Ketiga, penerima KPS sudah pindah tempat tinggal namun belum ada pemberitahuan sehingga undangan pengambilan KPS tidak sampai ke penerima. Dan keempat, penerima sudah meninggal dunia.

Seperti diketahui, KPS merupakan bagian dari Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS). Tiap rumah tangga pemegang kartu ini dapat mencairkan dana PSKS sebesar Rp 600 ribu.

Selain KPS, pemerintah juga mempunyai program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang jumlahnya penerimanya mencapai 16,3 juta orang, Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 20,3 juta orang dan Kartu Indonesia Sehat sebanyak 88,2 juta orang. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.