Sukses

4 Ribu Rumah di Jambi Kini Pakai Jaringan Gas Pipa

Untuk mengaliri gas tersebut Pertagas Niaga membangun jaringan pipa sejak 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Anak usaha PT Pertamina Gas (Pertagas) PT Pertagas Niaga telah mengalirkan gas 60 ribu meter kibik per bulan untuk memenuhi kebutuhan 4 ribu sambungan gas rumah tangga di Jambi, Sumatera.

Direktur Utama PT Pertagas Hendra Jaya mengatakan, untuk mengaliri gas tersebut Pertagas Niaga membangun jaringan pipa sejak 2013.

Dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun Ia tak bisa menyebutkan besaran investasinya.

"Pembangunan mulai start konstruksi 2013, " kata Hendra di Metering Regulator Station Kelurahan Thehok Kecamatan Jambi Selatan, Sumatera, Sabtu (25/4/2015).

Untuk memasok kebutuhan 4 ribu sambungan rumah tangga, cucu PT Pertamina (Persero) tersebut mengalirkan gas 60 meter kubik. Gas tersebut bersumber dari JOB Pertamina Talisman.

"Sumber gas di lapangan JOB Pertamina Talisman memerlukan transmisi gas dua Perusahaan TGI EHK. Kemarin sempat lama dalam perundingan PJBG-nya, satu rumah rata-rata 15 meter kubik per bulan," jelasnya.

Menurut Hendra, pembangunan infrastruktur gas tersebut merupakan upaya untuk mendorong pencapaian target 100 ribu sambungan yang dicanangkan pemerintah dalam 5 tahun.

"Pemerintah merencanakan 100 ribu sambungan dalam 5 tahun ke depan, harus lebih cepat strategi kota yang sudah dibangun APBN. Jadi dasar kita membangun bisnis ini, kaya Jambi kita sudah punya base," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.