Sukses

Benarkah Logo Mata Uang Ruble Inisial Nama Putin?

Mata Uang Rusia Ganti Logo

Liputan6.com, Moskow- Rusia telah memilih simbol resmi baru untuk mata uangnya sebagai salah satu upaya untuk mendorong penggunaan ruble di pasar internasional dan sebagai mata uang cadangan potensial.

Desain baru logo Rusia itu merupakan huruf R Rusia, yang tampak seperti P dalam huruf latin, dengan garis horizontal melintang di bagian garis huruf tersebut. Sekilas, logo ini seakan merupakan inisial panggilan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Meski dalam abjad cyrilic yang merupakan dasar Bahasa Rusia, P melambangkan huruf R.

Mengutip laman Wall Street Journal, Sabtu (25/4/2015), logo tersebut dipilih dari sekitar 1.000 opsi desain simbol yang diajukan sejak 2013.

Sebanyak 61 persen dari seluruh warga yang mengikuti pemungutan suara memilih logo tersebut. dari sekitar 1.000 pilihan tersebut, akhirnya hanya lima logo mata uang baru yang akan dipilih masyarakat.

Bank Sentral Rusia membuka proses pemilihan logo mata uang yang beru ke kalangan masyarakat luas pada November 2013. Masyarakat dapat memilih logo favoritnya secara online melalui situs resmi Bank Sentral Rusia hingga 5 Desember 2013.

Logo tersebut menang dengan 284 ribu suara. Gagasan untuk menciptakan simbol baru bagi ruble adalah demi menyaingi $ (logo dolar), euro dan pound sterling yang sudah muncul sejak 1990-an.

Bank Sentral Rusia mengumumkan, pihaknya terinspirasi dari pengenalan euro milik Uni Eropa. Tapi setelah Rusia sempat bangkrut pada 1998, negara tersebut fokus pada penguatan urusan finansial.

Sebelumnya, ruble tak punya logo resmi, meskipun logo yang nyaris serupa dengan pilihan baru tersebut telah dipergunakan luas selama beberapa tahun.

"Simbol itu digunakan untuk menunjukkan stabilitas dan reliabilitas mata uang tersebut," kata Gubernur Bank Rusia Elvira Nabiullina.

Saat ditanya apakan simbol logo ruble tersebut akan membingungkan masyarakat karena mirip dengna hurup P (tapi mewakili R untuk ruble), Nabiullina mengatakan, itu bukan masalah.

Pasalnya, logo dolar juga tampak seperti huruf S. Bank Sentral Rusia kala itu berkomitmen untuk terus mempromosikan simbol baru dengan menggunakan prefix untuk ruble di setiap dokumennya.

Kala itu, pihak bank masih ragu kapan Bank Sentral Rusia akan mulai mencetak logo tersebut pada mata uang ruble.

Logo baru ruble ini mendapat tanggapan variatif dari masyarakat. Salah satu warga Rusia bernama Dmitry Barinov mengatakan, huruf yang mirip dengan P itu merupakan tujuan polits dari Presiden Rusia Vladimir Putin.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini