Sukses

Gubernur Jambi Keluhkan Minimnya Pasokan Elpiji 3 Kg

Sejak program konversi minyak tanah ke elpiji diluncurkan pada 2007 kebutuhan elpiji 3 kg di wilayahnya meningkat 36 persen setiap tahun.

Liputan6.com, Jambi - Gubernur Hasan Basri Agus menyatakan Provinsi Jambi kekurangan pasokan elpiji 3 kilogram (kg). Hal tersebut imbas dari tingginya pertumbuhan ekonomi yang meningkatkan permintaan sumber energi rumah tangga ini.

Hasan mengatakan, sejak program konversi minyak tanah ke elpiji diluncurkan pada 2007 kebutuhan elpiji 3 kg di wilayahnya meningkat 36 persen setiap tahun.

"Kebijakan konversi minyak tanah ke elpiji dimulai 2007, konsumsi elpiji 3 kg di Jambi untuk rumah tangga usaha mikro tumbuh 36 persen setiap tahun," kata dia di Jambi, Sabtu (25/4/2015).

Adapun saat ini realisasi konsumsi elpiji 3 kg di Jambi mencapai 1,4  juta tabung. Sementara ketersedian hanya 682 ribu tabung

Kekurangan pasokan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Jambi yang melesat. Pada 2014 pertumbuhan ekonomi Jambi mencapai 7,9 persen. Pertumbuhan ekonomi Jambi tertinggi keempat di Indonesia pada tahun lalu.

Namun kini, Hasan mengaku senang karena keterbatasan pasokan elpiji tersebut dapat dipenuhi dengan adanya pembangunan infrastruktur gas kota. Kini,  4.000 rumah tangga di Jambi akan teraliri gas rumah tangga secara bertahap.

"Tambahan infrastruktur dapat memenuhi kebutuhan energi mendorong pertumbuhan ekonomi pembangunan jarigan gas rumah tangga, mengurangi subsidi, percepatan penggunaan minyak," pungkasnya.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini