Sukses

Pemerintah Siapkan Rp 20 Triliun Buat Gas Rumah Tangga

PT Pertamina Gas (Pertagas) kebagian memasang jaringan di 25 kota dengan total sambungan 61.816 rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menganggarkan Rp 20 triliun untuk pengembangan gas rumah tangga dalam 5 tahun ke depan.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, dana tersebut terbagi dalam beberapa pihak. Di mana, dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk memasang jaringan gas di 10 kota sekitar 40 ribu rumah.

Di mana, PT Pertamina Gas (Pertagas) kebagian memasang jaringan di 25 kota dengan total sambungan 61.816 rumah tangga.

"PGN 172 kota untuk 1 juta rumah tangga, total investasi Rp 20 triliun," kata Sudirman, di Jambi, Sabtu (25/4/2015).

Adapun potensi rumah tangga yang dapat menggunakan gas pipa tersebut mencapai 7,9 juta. Sedangkan realisasi sambungan sampai 2014 mencapai 90 ribu rumah. Potensi pelanggan gas ini, berlokasi di dekat sumber gas.

Menurut Sudirman, pembangunan infrastruktur gas harus dipercepat. Pasalnya dengan pencepatan pembangunan, akan meningkatkan jumlah rumah tangga yang teraliri gas.

"Itu pembangunan infrastruktur dipercepat maka penyambungan akan lebih besar. Saya yakin setelah gas rumah tangga masuk industri kecil akan tumbuh karena murah jadi perekonomian akan kencang," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.