Sukses

Tingkatkan Layanan, Taspen Bikin Standarisasi Prosedur

Taspen juga akan melakukan pelayanan proaktif dengan Taspen menjemput bola.

Liputan6.com, Jakarta - PT Taspen (Persero) akan menerapkan beberapa program baru untuk memberikan layanan lebih kepada masyarakat. Taspen melihat bahwa perusahaan yang bergerak di sektor jasa harus mampu memberikan layanan yang optimal sehingga bisa bertahan terhadap persaingan.

Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro menjelaskan, usia Taspen sudah menginjak di angka 52 tahun. Jika perseroan tidak mencoba untuk mengembangkan layanan maka besar kemungkinan untuk ditinggalkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, berbagai pembenahan dilakukan oleh Taspen.

"Di ulang tahun Taspen ke-52 ini ada ciri yang berbeda. Itu adalah, kami sadar perlu tingkatkan layanan. Kalau kami tidak berusaha tingkatkan layanan, kami akan kalah dan tertinggal," ujar nya di Gedung Arthaloka, Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (26/4/2015).

Dia menjelaskan, peningkatan layanan ini salah satunya yaitu dengan melakukan standarisasi layanan atau Iso "Kami harus bisa melayani dalam satu jam. Kalau ada klaim, kami harus bisa melayani pembayaran dalam satu jam. Kalau kami tidak bisa selesaikan dalam satu jam, kami bersedia dihukum. kami akan berikan suvenir kepada nasabah yang kecewa dengan pelayanan kami," jelasnya.

Taspen juga akan melakukan pelatihan kepada para petugas . Bagi karyawan akan diadakan kompetisi layanan yang terbaik seperti kasir, costumer service, satpam dan lain-lain. "Kami adakan tes pengetahuan. Kemudian kami uji bagaimana mereka menangani kasus-kasus dari peserta," lanjut dia.

Selain itu, Taspen juga melakukan pelayanan proaktif dengan Taspen menjemput bola. Artinya sebelum nasabah datang ke Taspen, petugas Taspen harus datang terlebih dahulu untuk berikan layanan.

"Meminta mereka tanda tangani berkas, mereka membayar, dan kami bayarkan. Sedapat mungkin kami tidak meminta surat lampiran lagi, tapi surat permohonan, itu kan satu terobosan layanan yang sangat baik," katanya.

Terakhir, Taspen juga akan menjalin kerja sama denga  Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) dalam hal pembayaran pensiun bagi nasabahnya.

"Pembayaran pensiun pertama, dibayarkan oleh PT Taspen, jadi tidak ada lagi pensiunan dibayarkan dari Bapertarum kemudian kembali ke Taspen. Jadi satu pintu. Taspen menyadari pentingnya layanan dan tidak boleh ditinggalkan, dan jaman saat ini ada persaingan, itu adalah meningkatkan layanan," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.