Sukses

Menjadi Manager atau Leader yang Lebih Baik

Apakah Anda mengetahui apa perbedaan antara manager dan leader? Ternyata ada perbedaan antara keduanya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap divisi di perusahaan- perusahaan, pasti mempunyai satu orang yang mengatur dan bertanggung jawab atas divisi tersebut yaitu manager. Namun tahukah Anda dalam satu tim tertentu dalam suatu proyek ada satu pengatur dan bertanggung jawab dalam proyek tersebut yaitu leader.

Sekarang pertanyaannya, apakah Anda mengetahui apa perbedaan antara manager dan leader? Ternyata ada perbedaan antara keduanya. Selain dari yang saya sudah jelaskan di atas ternyata ada perbedaan lainnya.

Saya akan jelaskan dari manager: manager adalah seseorang yang diangkat menjadi manager mengunakan surat resmi dari perusahaan melalui atasan. Manager berhubungan dengan sistem dan struktur dan mereka fokus kepada peraturan dan disiplin sehingga menjadikan motivasi untuk bawahannya.

Sedangkan, leader adalah seseorang yang diangkat menjadi karena kesepakatan atas dukungan dari bawahan, karena seorang leader mampu menjadi inspirasi untuk bawahannya. Leader berhubungan dengan orang dan mereka fokus kepada mengatur risiko sehingga risikonya lebih kecil.

Baik buruk antara manager dan leader ini tergantung dari orang yang berperan di dalamnya. Namun biasanya yang namanya leader tentu adalah seorang manager, sedangkan manager belum tentu seorang leader.

Karena menjadi seorang leader kamu harus memiliki kemampuan kepimpinan (leadership) yang baik. Biasanya leader akan penuh dengan inspirasi dan mampu melihat potensi dari orang dalam suatu bidang.

Sedangkan insting dari mengambil keputusan seorang leader mengacuh kepada kesejahteraan bawahannya. Karena leader ini dipilih atas kesepakatan bawahannya. Jika kamu saat ini menjadi manager, mulailah berubah menjadi manager yang memiliki leadership bukan hanya sekedar manager yang bertanggung jawab kepada perusahaan namun kepada bawahannya juga.

Sekarang mau jadi apakah kamu di perusahaan tempat kamu berkerja atau kamu sebagai atasan, siapa kamu? Manager atau Leader.

Mungkin bisa membantu kamu karena ada Alasan di Balik Malasnya Pegawai Anda!

Artikel dari Laruno.com

Motivator Tung Desem Waringin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini