Sukses

2 Bandara RI Masuk Jajaran Terbaik di Dunia

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Juanda masuk daftar sepuluh bandara terbaik di dunia

Liputan6.com, Denpasar - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Juanda masuk dalam jajaran 10 bandara dengan pelayanan terbaik di dunia menurut survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI).

Dalam kategori bandara dengan jumlah penumpang 15-25 juta penumpang per tahun, ACI melakukan penilaian kepada 31 bandara di dunia. Kedua bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) ini menempati peringkat di atas Bandara Kansai Osaka Jepang, Bandara San Diego California Amerika Serikat, Bandara Zurich Swiss, Bandara Brisbane Queensland Australia, dan Bandara Manchester Inggris. Adapun bandara yang berada di peringkat pertama untuk dalam survei ASQ ini adalah Bandara Wuhan Tianhe Tiongkok.

Di kategori lainnya, yaitu bandara dengan jumlah penumpang 5-15 juta penumpang per tahun, dari 79 bandara yang disurvei, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan berada di peringkat ke-16. Posisi ini berada di atas ranking Bandara San Antonio Texas Amerika Serikat, Bandara Penang Malaysia, dan Bandara Bengaluru India.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado menuturkan, penilaian tingkat kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh ACI menjadi acuan bagi Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam meningkatkan pelayanannya. Mendapat peringkat ketujuh tentu menjadi nilai tambah sekaligus penyemangat bagi manajemen.

"Ini cita–cita dan mimpi kami menjadi satu dari sepuluh bandara terbaik di Asia, Bandara I Gusti Ngurah Rai harus dapat terus memberikan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasanya," Kata Herry ditulis Senin (27/4/2015).

Airport Service Quality (ASQ) merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia dan berbasis di Montreal, Kanada.

Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini antara lain fasilitas pelayanan penumpang dan fasilitas penunjang bandara seperti ketersediaan bank/ATM/money changer, fasilitas belanja, tempat makan, sarana hiburan di bandara serta keramahan dan kesigapan staf bandara.

Survei ASQ telah melakukan penilaian terhadap kepuasan penumpang di lebih dari 250 bandara di dunia sejak 2006. Metodologi ilmiah, prosedur quality control yang ketat, serta komitmen untuk tidak berpihak dalam setiap penilaian survei ASQ ini menjadi landasan standar global untuk menjadi dasar ukur kepuasan penumpang di bandara.

ACI mewawancarai sekitar 550 ribu penumpang per tahun di bandara dan meminta mereka untuk menilai tingkat kepuasan atas layanan bandara. (Dewi/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.