Sukses

43 Ribu Desa di Indonesia Masih Tertinggal

Hingga saat ini sekitar 52 persen desa yang masuk dalam kategori tertinggal.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar menyebutkan hingga saat ini sekitar 52 persen desa yang masuk dalam kategori tertinggal.

Berdasarkan persentase tersebut, dari 74 ribu desa yang ada di seluruh Indonesia, berarti terdapat 38 ribu desa yang masuk kategori tersebut.

"Bahkan estimasi saya ada lebih dari itu, ada 43 ribu desa tertinggal di seluruh Indonesia," ujarnya di Kantor PPN/Bappenas, Jakarta Pusat, Senin (27/4/2015).

Marwan mengungkapkan, desa tertinggal tersebut tersebar di berbagai wilayah, khususnya timur Indonesia seperti Papua, Sulawesi, Maluku, dan Kalimantan.

"Sumatera ada, tapi tidak terlalu banyak," lanjutnya.

Sedangkan untuk desa yang sangat tertinggal, Marwan menyatakan jumlahnya ada sekitar 17 ribu hingga 17.600, baik dalam hal infrastruktur, sumber daya alam dan sumber daya manusia.

"Desa ini sangat tertinggal, infrastrukturnya memprihatinkan, sumber daya manusia masih rendah, bahkan untuk menyediakan bahan pokok untuk kebutuhan masih sulit," kata dia.

Selain itu, juga masih ada 1.125 hingga 1.200 desa yang terletak di wilayah perbatasan yang masih tertinggal, 15 ribu desa yang belum teraliri listrik, 117 kecamatan belum memiliki puskesmas dan 11 ribuan desa belum mempunyai fasilitas pendidikan setingkat sekolah dasar (SD).

"Ini tidak perlu jauh-jauh, di Cianjur, Jawa Barat masih banyak desa yang belum teraliri listrik. Ini masih saya review kembali," tandasnya.(Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini