Sukses

7 Kebiasaan Menghamburkan Uang Tanpa Sadar

Waspadalah dengan kebiasaan yang sering Anda lakukan ini.

Liputan6.com, Jakarta Kritislah terhadap cara Anda menghabiskan uang. Sebab hal itu penting guna mencapai target finansial yang Anda inginkan.

Kenapa kita harus kritis?. Itu karena ternyata ada beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab uang bisa habis sebelum waktunya. Kebiasaan ini pun pasti tidak disangka-sangka.

Jika Anda ingin mencapai kemandirian finansial maka harus bisa memegang kontrol setiap rupiah yang dimiliki. Inilah beberapa kebiasaan yang Anda harus tinggalkan jika tidak ingin uang habis secara percuma seperti dilansir dari laman lifehack.org, Senin (27/4/2015).

1. Membeli barang bermerek

Untuk barang yang Anda sering beli, sebaiknya cari merek semurah mungkin.

2. Makan di luar

Banyak dari kita merasa kesulitan memasak. Padahal, dengan mengurangi frekuensi makan di luar, Anda bisa menabung dengan jumlah yang cukup besar.

3. Bensin

Ini sesungguhnya tak terelakkan. Salah satu solusi untuk Anda yang belum memiliki kendaraan pribadi, carilah kendaraan yang tidak memerlukan banyak bensin untuk beroperasi.

4. Air botolan

Satu botol air minum memang harganya tidak seberapa, namun, sungguh sayang jika Anda membelinya setiap hari, mengingat Anda bisa saja membawa botol minum berisi air yang dimasak sendiri.

5. Membeli kopi mahal

Kopi Starbucks memang lebih enak dibanding kopi yang ditumbuh dan diseduh sendiri. Namun, mengingat khasiatnya sama, bukankah lebih baik simpan uang Anda?.

6. ATM

Tarikan tunai dari ATM yang berbeda dari ATM Anda sebaiknya jangan dilakukan kalau situasi tidak mendesak. Mengingat biaya tarik tunai yang dikeluarkan bisa melebihi Rp 15 ribu.

7. Tagihan sampingan

Apakah Anda langganan TV kabel? Sering menginap di hotel yang cukup mahal setiap liburan? Coba ingat-ingat, apa Anda betul-betul memerlukannya?. (Ikr)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.