Sukses

Pemerintah Mimpi Ciptakan 2.000 BUMDes

Masing-masing desa akan mendapatkan jatah anggaran Rp 250 juta untuk membentuk BUMDes tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menargetkan pembentukan 2.000 badan usaha milik desa (BUMDes) selama pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan, masing-masing desa akan mendapatkan jatah anggaran Rp 250 juta untuk membentuk BUMDes tersebut.

"Kita untuk pertama kali ini membuat proyek BUMDes 2.000. Dananya Rp 250 juta untuk satu desa, disalurkan langsung ke desa," ujarnya di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Senin (27/4/2015).

Dia menjelaskan, bantuan anggaran ini bisa ditujukan untuk pembentukan baru atau untuk BUMDes yang sudah ada agar bisa lebih berkembang.

"Tergantung musyawarah desa, ada yang mulai dari nol, ada yang sudah ada. Ini layak kita kembangkan, kita tambah, misalnya BUMDes pengelolaan sampah," tutur dia.

Untuk mendorong hal ini, Marwan mengaku telah menerbitkan petunjuk teknis (Juknis) sebagai acuan pembentukan BUMDes di masing-masing desa. "Juknis sudah buat, kita cetak dan kita sudah bagikan. Diutamakan di daerah perbatasan," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini