Sukses

Menperin Resmikan Pabrik Baru Sepatu Nike Rp 720 Miliar

Pabrik milik PT Changshin Reksa Jaya ini merupakan pengembangan pabrik milik Changshin Group di Karawang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meresmikan pabrik baru yang memproduksi sepatu bermerek Nike di Garut, Jawa Barat.

Pabrik milik PT Changshin Reksa Jaya ini merupakan pengembangan pabrik milik Changshin Group di Karawang, Jawa Barat.

Investasi pabrik Changshin yang berasal dari Korea Selatan ini mencapai US$ 60 juta atau setara Rp 720 miliar (dengan kurs Rp 12.000 per dolar AS).
 
Menperin mengapresiasi keberadaan pabrik ini karena akan membuka pekerjaan bagi masyarakat Garut dan menumbuhkan perekonomian nasional.
 
Adapun kapasitas produksi pabrik itu mencapai 15 juta pasang per tahun serta menyerap tenaga kerja 1.700 orang dan akan menjadi 5.500 orang pada 2016.
 
"Ekspansi usaha dan investasi Changshin ini membuktikan iklim bisnis di Indonesia menarik minat pemodal global. Tentu kita berharap langkah perusahaan diikuti pabrikan sepatu merek internasional berikutnya selain Nike," kata Saleh Husin usai meresmikan pabrik yang berlokasi di Kecamatan Leles, Garut, Senin (27/4/2015).
 
Dia mengatakan, orientasi perusahaan ini yang mengekspor seluruh produk sepatu Nike, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan ekspor non migas dan peningkatan penyerapan tenaga kerja nasional. 
 
"Kami berharap Changshin dapat mempromosikan Indonesia sebagai basis produksi industri sepatu kepada investor dari Korea untuk berinvestasi di Indonesia," ujarnya.
 
Bupati Garut Rudy Gunawan mengaku pembangunan pabrik ini membanggakan bagi masyarakat dan pemda setempat karena merupakan investasi terbesar di Garut sejauh ini.
 
Sementara itu, Direktur Utama Changshin Reksa Jaya, Whanil Jeong mengungkapkan, pihaknya memiliki komitmen usaha di Garut. "Sejauh ini kami belum ada rencana ekspansi di daerah lain karena masih fokus di Garut," ujarnya.
 
Luas total lahan pabrik ini mencapai 31 hektare dan baru dimanfaatkan 21 hektare. Changshin memanfaatkan pabrik ini untuk memproduksi sepatu, aksesoris dan komponen.
 
Kemenperin mencatat, investasi industri Alas Kaki cenderung naik setiap tahunnya, kenaikan rata-rata pada 3 tahun terakhir (2011–2013) adalah 4,74%.
 
Investasi di sektor Industri Alas Kaki telah mencapai Rp 10,7 triliun pada 2013, naik sekitar 1,25 persen dari tahun sebelumnya, dan menyerap tenaga kerja sekitar 643 ribu orang. (Fik/Nrm)
 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini