Sukses


Tips Memilih Broker Properti yang Andal

Broker properti yang baik, pandai menaksir harga rumah akan terus memantau perkembangan penjualan rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Menjual rumah tanpa perantara memang sekilas lebih menguntungkan, namun kerap menguras tenaga, pikiran dan waktu.

Anda pun mesti selalu siaga menerima telepon, dan menerima orang yang ingin melihat kondisi rumah yang dijual. Belum lagi, jika Anda tidak tahu harga yang cocok untuk rumah itu atau tidak tahu saat yang tepat untuk menjualnya.

Alih-alih mendapat untung, Anda justru menuai buntung. Semua hal itu mungkin tidak terjadi jika Anda menggunakan jasa agen/broker properti. Syaratnya: broker itu berpengalaman dan berkarakter baik.

Mengutip laman www.rumah.com, Selasa (28/4/2015), logikanya broker properti akan memberikan harga tertinggi agar dia mendapat komisi yang tinggi pula. Untuk mendapat harga jual yang bagus, si broker akan melakukan beragam upaya, seperti memasanng iklan di media massa atau pun menyebarkan brosur/listing ke jaringan atau wilayah pemasaran yang dimilikinya.

Broker properti yang baik, pandai menaksir harga rumah dan akan terus memantau perkembangan penjualan rumah Anda.

Sebaliknya, broker yang kurang baik tidak memiliki komitmen kuat akan menitipkan listing rumah Anda ke broker lain dan membuat penjualan rumah memakan waktu lama.

Untuk mendapatkan broker properti yang andal, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Pastikan broker tersebut punya banyak pengalaman melakukan transaksi, terutama di kawasan lokasi rumah Anda.
2. Pastikan broker tersebut punya jaringan pembeli yang luas di kawasan lokasi rumah Anda.
3. Pastikan broker tersebut mampu menaksir/memprediksi nilai rumah Anda.
4. Dalam perjanjian dengan broker tersebut, pastikan ada komitmen bahwa broker tersebut tak akan menitipkan penjualan rumah Anda ke orang/broker lain.
5. Pastikan bahwa broker tersebut punya kebiasaan untuk mempromosikan/mengiklankan listing rumah Anda dengan biaya sendiri. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini