Sukses

5 Ramalan Bisnis Bill Gates yang Tepat

Dalam buku yang ditulis Bill Gates pada 1999, dia memuat beberapa ramalan bisnis yang 16 tahun kemudian jadi kenyataan

Liputan6.com, New York - Pada 1999, miliarder terkaya di dunia, Bill Gates menulis sebuah buku berjudul `Business @ the Speed of Thought`. Dalam buku tersebut, Gates memuat sejumlah ramalan mengenai apa yang dapat terjadi di masa depan.

Mengutip laman Business Insider, Kamis (29/4/2015), semua prediksi Gates kala itu pasti terdengar aneh. Bahkan sebagian orang akan merasa ramalan Gates tak mungkin terjadi mengingat internet belum dapat diakses di banyak negara seperti sekarang.

Di luar dugaan banyak orang, seluruh prediksi Gates ternyata sangat tepat. Berikut lima ramalan bisnis Gates pada 1999:

1. Situs perbandingan harga

Prediksi Gates: Jasa perbandingan harga otomatis akan dikembangkan, membuat orang-orang dapat melihat harga berbagai produk dari sejumlah website. Kondisi ini akan membuat masyarakat tak perlu susah payah mencari produk termurah dari berbagai industri.

Yang terjadi saat ini: Anda dapat dengan mudah mencari sebuah produk di Google atau Amazon dan mendapatkan harga berbeda untuk produk yang sama. Bahkan sejumlah situs seperti NextTag dan PriceGrabber dibangun khusus untuk membandingkan harga sejumlah produk.

2. Pembayaran online

Prediksi Gates: Masyarakat akan membayar tagihannya, mengurus tabungan dan berkomunikasi dengan dokter melalui internet.

Yang terjadi saat ini: Teknologi tak bisa mengubah layanan kesehatan sepenuhnya. Tapi ada situs seperti ZocDoc yang membuat Anda dapat menyusun jadwal bertemu dokter dengan cepat.

Anda juga kini dapat meminjam uang secara online melalui sejumlah situs. Tak hanya itu, pembayaran dapat dilakukan lebih mudah melalui situs seperti PayPal dan Venmo.

3. Promosi online

Prediksi Gates: Akan ada perangkat lunak (software) yang membuat Anda memesan tiket perjalanan dengan mudah dan menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan tempat wisata. Internet akan membantu masyarakat mempromosikan kegiatan wisata, tawaran potongan harga dan tawaran harga murah untuk berbagai hal.

Yang terjadi saat ini: Situs perjalanan seperti Expedia dan Kayak menawarkan paket wisata melalui data pembelian sebelumnya. Iklan Facebook dan Google juga menjadi ajang promosi lokasi wisata terbaik di seluruh dunia.

4. Iklan

Prediksi Gates: Alat-alat canggih akan membantu terciptanya smart advertising. Alat tersebut akan membantu Anda mengetahui tren pembelian produk dan menampilkan iklan yang sesuai dengan keinginan pribadi.

Yang terjadi saat ini: Kebanyakan jasa periklanan online akan memiliki fitur smart advertising dengan para pemasang iklan dapat menargetkan para penggunanya berdasarkan histori klik, dan pola pembelian.

5. Perekrutan karyawan online

Prediksi Bill Gates: Para pelamar kerja dapat mencari lowongan pekerjaan secara online hanya dengan mengetik kemampuan, kebutuhan dan hal-hal yang membuatnya tertarik.

Yang terjadi sekarang: Situs seperti LinkedIn membiarkan para penggunanya untuk mengunggah resume dan menemukan pekerjaan sesuai dengan ketertarikan personal. Pihak perusahaan juga dapat mencari talenta yang dibutuhkan berdasarkan kemampuan khusus yang ditemukannya via internet. (Sis/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini