Sukses

Harga BBM Mei Ditetapkan Tak Berubah?

Kementerian ESDM masih melakukan kajian patokan pembentukan harga premium dan solar belakangan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memastikan pemerintah tidak akan merubah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis premium dan solar pada Mei 2015.

Meski demikian, ESDM masih melakukan kajian patokan pembentukan harga BBM premium dan solar belakangan ini.

"Untuk BBM sedang kita kaji, Pak Wirat akan mengeluarkan surat nanti," kata Sudirman, usai menghadiri  acara The 2nd 1-Hour University, di Gedung Badan Diklat Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Menurut Sudirman, dengan kondisi kurs dolar yang stabil dan tren harga minyak yang tak mengalami kenaikan, maka seharusnya harga BBM di dalam negeri juga tak mengalami kenaikan.

"Melihat tren harusnya tidak ada kenaikan, rupiah membaik, tren minyak dunia tidak ada kenaikan Insya Allah tidak akan ada kenaikan bulan ini," paparnya.

Namun, lanjut dia, jika nanti kondisi kurs dan harga minyak tak mengalami gejolak, pemerintah tak berencana melakukan penurunan harga. "Orang turun marah, naik marah kalau bisa kita usahakan stabil," pungkasnya.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman wiratmaja sebelumnya mengaku timnya sudah melaporkan kondisi parameter pembentukan harga BBM yaitu Mean of Platts Singapore (MoPS) dan Kurs dolar AS selama sebulan sebelum perubahan harga.

Wiratmaja berharap, harga premium dan solar untuk Mei tak berubah, agar perekonomian Indonesia stabil. Pasalnya, perubahan harga BBM sangat mempengaruhi perekonomian.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.