Sukses

Menteri ESDM Ingin Jajarannya Contek Walikota Tri Risma

Menteri ESDM, Sudirman Said menilai, sosok wali kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai contoh teladan untuk membenahi kementerian ESDM.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengajak jajarannya untuk belajar dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat bekerja.

Sudirman mengatakan, Tri Rismaharini merupakan sosok yang mengagumkan dengan berbagai prestasi sejak menjabat sebagai walikota pada 2010.

"Ibu Risma wanita yang jadi walikota pertama dipilih sepanjang sejarah, yang jadi walikota terbaik di dunia," kata Sudirman dalam acara The 2nd 1-Hour University, di Gedung Badan Diklat Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Sudirman menambahkan, saat ia baru menjabat sebagai menteri banyak yang harus dibenahi pada instansinya, mengingat pendahulunya terjerat masalah hukum. Risma bisa dijadikan teladan untuk menata sektor ESDM. Lantaran, Risma berhasil menata kota Surabaya, Jawa Timur yang sebelumnya carut marut.

"Kita beruntung punya tokoh luar biasa kebanggaan Indonesia , punya teladan. Di kementerian ESDM sedang belajar menata diri. Saya masuk sektor ini dalam kondisi tidak baik, pendahulu saya bermasalah dengan hukum," ujar Sudirman.

Menurut Sudirman, untuk melakukan pembenahan seperti Tri Rismaharini harus tegar, dan tidak memiliki kepentingan untuk memperkaya diri sendiri. Untuk pembenahan itu banyak menghadapi godaan dan tantangan.

"Kalau pilih public leader yang selesai dengan diri sendiri, melayani orang tidak mencari apa yang buat dirinya, Ibu Risma contoh baik. Betapa beliau dengan tegar, mafia tidak cuma migas, lokalisasi beliau menghadapi itu. Kalau selesai dengan dirinya sendir beliau konsen dengan kerjanya, ketegaran visi integritas kompetensi jadi penentu," ujar Sudirman. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini