Sukses

Pria Ini Beri Tip Rp 39 Juta ke Pelayan Restoran

Meski hanya membeli makanan seharga Rp 563 ribu, pria ini memberi tip kepada pelayanan restoran hingga Rp 39 juta. Apa alasannya?

Liputan6.com, New York - Di era sekarang, meninggalkan uang tip sedikitnya 20 persen pada para pelayan tampak menjadi semakin lumrah adanya. Tapi seorang pengunjung restoran di New York memberikan uang tip yang luar biasa tinggi hingga mencapai 7.000 persen dari total makanan yang dibelinya.

Mengutip laman ABC News, Jumat (1/5/2015), pelanggan yang dikenal sebagai Mike itu memberikan uang tip sebesar US$ 3.000 atau sekitar Rp 39 juta kepada pelayannya untuk tagihan yang makanan yang hanya berjumlah US$ 43,5 atau setara Rp 563 ribu.

"Pelayan tersebut telah melayani kami selama hampir setahun. Dia adalah sosok wanita yang menyenangkan dan saya memang tengah memikirkan proyek guru saya dan yayasannya. Ini merupakan waktu yang tepat," ungkap Mike yang memilih merahasiakan identitas sebenarnya.

Yayasan yang dimaksud adalah ReesSpecht Life, dimulai oleh guru ilmu pengetahuan bernama Rich Specht setelah anaknya yang berusia 22 bulan meninggal dalam kecelakaan tragis.

Sebagai bentuk ungkapan sedih pada anaknya, Specht dan sang istri mendirikan yayasan untuk memberikan donasi sebagai rasa terima kasih pada siapapun yang membantunya.

"Kami ingin membayar mereka dan tak ada lagi yang perlu dikembalikan. Kami rasa, jika tak ada satupun yang membiarkan kami membayar sebagai rasa terima kasiih, kami akan tetap mendonasikannya," terang Specht.

Dia dan sang istri mencetak kartu nama yang mendorong setiap orang untuk mendonasikan uangnya. Kini mereka telah mendistribusikan lebih dari 100 ribu kartu ke seluruh dunia demi mendorong orang lain untuk berbagi.

"Kini yayasan kami terus berkembang, dan orang-orang terus memberi satu sama lain. Kami juga mendirikan website dan membantu orang-orang berbagi kisahnya saat berbagi," terangnya.

Specht sangat bahagia mengingat bahkan saat seseorang membeli kopi dan berbagi dengan temannya, mereka tetap menceritakan hal itu di situs yayasan.

Berbicara mengenai Mike yang memberikan uang tip dengan jumlah sangat besar, dia ingin membantu si pelayang membayar sewa rumahnya yang sangat tinggi.

"Dia sangat membutuhkannya dan tampak sangat senang saat menerima uang tersebut hingga saya merasa telah melakukan hal yang tepat," katanya. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini