Sukses

Pertama Kali Bertarung, Manny Pacquiao Cuma Dibayar Rp 26 Ribu

Pacquiao ternyata hanya mendapatkan bayaran US$ 2 atau Rp 26 ribu saja dari pertarungan profesional pertamanya

Liputan6.com, New York - Mega duel tinju antara Manny Pacquiao dan Floyd Mayweather di MGM Grand Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (3/5/2015) pagi WIB, berakhir dengan kemenangan angka mutlak bagi Mayweather. Meski begitu, Pacquiao yang juga sering dijuluki Pacman ini tetap kaya raya dengan harta mencapai US$ 138 juta atau Rp 1,79 triliun (kurs: Rp 13.009/US$).

Namun siapa sangka, melansir laman Forbes, Senin (4/5/2015), pria yang juga merupakan anggota kongres Filipina ini ternyata hanya mendapatkan bayaran US$ 2 atau Rp 26 ribu saja dari pertarungan profesional pertamanya. Sementara bayaran terbesarnya senilai US$ 30 juta atau Rp 390,2 miliar untuk pertarungan ketiga melawan Juan Manuel Marquez pada 2011.

Sementara akhir tahun lalu, dari kerjasamanya dengan Nike, Nestle, Wonderful Pistachio dan Foot Locker bernilai US$ 5 juta. Pada bulan yang sama, Pacman juga berhasil meraup pendapatan hingga US$ 23 juta atau Rp 299,2 miliar dari pertarungannya menghadapi Chris Algieri.

Pendapatan karir Pacquiao setelah pertarungan melawan Algieri juga sangat memukau mengingat jumlahnya yang mencapai US$ 335 juta atau Rp 4,36 triliun. Sementara seluruh pendapatan dari pay-per-view untuk karir Pacquiao mencapai US$ 741 juta atau Rp 9,6 triliun.

Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao bertarung dengan lawannya asal Amerika Serikat. Floyd Mayweather saat pertandingan kelas welterweight di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada, Minggu (3/5/2015). (Joe Camporeale-USA TODAY)

Sepanjang karirnya, Pacquiao hanya pernah kalah enam kali termasuk kekalahan pada 2012 setelah 15 kali memenangkan pertarungan berturut-turut. Soal bertarung, Pacman memang hebat mengingat dirinya berhasil melakukan knockout 38 kali dari 57 pertarungan yang dimenangkannya.

Dari bidang olahraga tinju yang digelutinya, Pacquiao berhasil mendapatkan bayaran hingga US$ 41,8 juta dengan rincian gaji sebesar US$ 41 juta dan promo produk senilai US$ 800 ribu. Dengan jumlah tersebut, ia juga kini menjadi salah satu atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. (Sis/Ndw)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini