Sukses

Mitra Energi Persada Kejar Laba Rp 30 Miliar

Untuk memaksimalkan aset, Mitra Energi Persada sedang melakukan sejumlah negosiasi untuk memperbesar kapasitas.

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitra Energi Persada Tbk (KOPI) menargetkan perolehan laba sebesar Rp 30 miliar pada tahun ini. Perolehan tersebut dua kali lipat dari target laba tahun lalu yang tercatat Rp 15 miliar.

Direktur Utama Mitra Energi Persada, Ivo Wongkaren mengatakan, laba tersebut bakal tercapai jika perseroan memperoleh tambahan kapasitas penyaluran gas baru. Saat ini, KOPI memiliki pipa sepanjang 25 kilometer  (km) dengan kapasitas 10 MMSCFD dan yang terpakai 3,7 MMSCFD. Adapun pemasok gas yang ada saat ini ialah PT Medco E&P Indonesia.

"Kami perkirakan di 2015 ini Rp 30 miliar laba bersih. Kan di 2014 Rp 15 miliar. Rencana kami tahun ini 2 kali lipat. Penjualan akan sama karena kontrak per 5 tahun. Tidak mungkin akan tingkatkan volume lagi tanpa ada kontrak baru. 3,7 itu lifetime 5 tahun. Jadi selama 5 tahun  tidak  akan berkurang atau lebih. Peningkatan artinya ada suplai baru. Kalau dapat suplai baru di 2015, peningkatan lebih tinggi," katanya, Jakarta, Senin (4/5/2015).

Dia mengatakan, pada kuartal I tahun laba bersih yang diterima telah sesuai dengan target yang diharapkan. Apalagi, saat ini perseroan tengah getol melakukan efisiensi.

"Kuartal I in line, lebih dari 25 persen karena kami ada misal biaya-biaya yang diefisinsikan. Paling besar beban waktu itu di investasi pipa, tapi sekarang menurun. Yang kami tingkatkan adalah efisiensi maintenance," katanya.

Pihaknya menambahkan fokus saat ini ialah  memaksimalkan kapasitas aset perseroan. "Target penyaluran gas kapasitas 25 km, yang kita miliki 10 MMSCFD, sekarang masih 3,7 MMSCFD yang kita butuhkan tingkatkan pasokan tiga kali lipat,"ujar dia.

Untuk memaksimalkan aset,  perseroan sedang melakukan sejumlah negosiasi untuk memperbesar kapasitas, baik dari pemasok eksisting maupun pemasok baru.

"MoU dengan supply gas, mengajukan supply gas dengan eksisting dan pihak lain. Kami juga akan ikut anjuran DMO artinya hasil diutamakan untuk lokal daripada dalam negeri," tandas dia.

Relisting

Mitra Energi Persada melakukan pencatatan kembali (relisting) pada perdagangan saham Senin (4/5/2015) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan distributor gas ini akan memakai kode saham KOPI untuk kembali tercatat di pasar modal. Dengan pencatatan saham ini, PT Mitra Energi Persada Tbk menjadi emiten ke-3 di tahun 2015 yang tercatat di pasar modal Indonesia.

PT Mitra Energi Persada termasuk perusahaan distributor gas yang berbasis di Sumatera Selatan. Sebelumnya perusahaan ini milik PT Korpora Persada Investama Tbk yang sebelumnya bernama PT Kopitime Dot Com Tbk.

BEI mendepak perseroan pada 7 Februari 2007. Lantaran perseroan tidak dapat meminta memenuhi rencana bisnis yang diajukan. Perseroan juga ternyata belum dapat mengangkat kinerja dengan baik.

Dulu perseroan bergerak di bidang teknologi informasi. Perseroan mengembangkan bisnis perangkat lunak, jasa multimedia dan situs jaringan internet, serta jasa portal situs internet. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.