Sukses

Strategi Menteri Susi Genjot Hasil Perikanan RI

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menegaskan, pihaknya terus melawan pencurian ikan untuk menjaga sektor perikanan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti berencana membangun landasan pesawat (run way) dan pelabuhan jeti pada setiap pulau kecil yang memiliki potensi kelautan.

Dia mengungkapkan, hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pengiriman hasil perikanan pulau-pulau tersebut, baik untuk domestik maupun di ekspor ke negara lain.
‪

"Kita akan buat pelabuhan besar, khusus untuk pelabuhan perikanan. Karena pemerintah sekarang gila-gilaan soal infrastruktur," ujar Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Senin (4/5/2015).

Susi juga menegaskan, pihaknya akan terus memerangi pencurian ikan yang terjadi di wilayah perairan Nusantara. Hal itu agar hasil laut Indonesia banyak yang terselamatkan.

"Kita berhasil save konsumsi nasional sebesar 25 persen. Jadi hormati jabatan saya, karena saya punya tanggung jawab atas jabatan ini. No body can buy my integrity," kata dia.

Selain giat untuk memperbaiki kinerja ekspor hasil perikanan, Susi Pudjiastuti juga menyatakan, pihaknya tidak akan anti terhadap impor hasil perikanan. Namun dia memiliki syarat-syarat agar hasil perikanan tersebut bisa masuk ke Indonesia, salah satunya tidak melanggar kebijakan Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing yang diterapkan. "Go head impor, tapi dari negara yang tidak berkaitan (dengan IUU)," tandas Susi. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini