Sukses

Menteri Perindustrian Buktikan Daya Magis Batu Akik Marantale

Sebongkah batu marantale sebesar kepalan tangan ditawarkan hanya Rp 80 ribu-Rp 150 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Selain memiliki nilai jual tinggi, batu semi mulai atau lebih dikenal dengan sebutan batu akik asal Indonesia ternyata memiliki daya magis. Menteri Perindustrian Saleh Husin menjadi salah satu orang yang membuktikan daya magis tersebut.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menjelaskan, salah satu batu akik yang memiliki kekuatan magis adalah akik Marantale asal Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Kabupaten ini terletak di pesisir Teluk Tomini dan berjarak sekitar 100 km dari Kota Palu ke arah timur atau 2,5 jam perjalanan darat yang melewati punggung pegunungan Sulawesi.

Saleh Husin membuktikan sendiri saat melakukan kunjungan ke wilayah tersebut Senin (4/5/2015), Dia mengungkapkan, selain diolah menjadi batu cincin, batu akik Marantale ternyata membunyai kekuatan lain.

Saat berkunjung ke rumah dinas Bupati Parigi, Samsurizal Tombolotutu, empat orang termasuk Saleh Husin dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng, Abu Bakar Ahmadali mencoba mengangkat Bupati Samsurizal yang duduk di kursi.

Pada kesempatan pertama, mereka mengangkat dengan kedua jari telunjuk yang ditangkupkan dan bukan dengan memegang menggunakan kedua tangan. Dan pada kesempatan ini, empat orang tersebut gagal mengangkat Samsurizal.

Namun pada kesempatan kedua, keempatnya membasuh tangan masing-masing dengan air yang merupakan rendaman batu marantale selama 3 menit hingga 5 menit. Dan setelah mengambil posisi persis langkah pertama, keempatnya siap mencoba lagi dan hasilnya Samsurizal mampu terangkat hingga lebih tinggi dari kursi.

"Kalau yang ini, Marantale ini, bukan lagi mitos karena ada buktinya," ujar Saleh dalam keterangan tertulis di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Senin (4/5/2015).

Menurut dia, kisah batu Marantale parigi ini menambah khasanah perbatuan Tanah Air. "Di luar soal hal-hal yang di luar nalar, fenomena ini menambah daya tarik batu-batu aji di Indonesia," lanjutnya.

Dia juga berharap ke depan, masyarakat makin meminati dan bangga pada batu aji asli Indonesia. Serta, para perajin diharapkan terus meningkatkan kualitas batu agar nilai tambah batu-batuan asli nusantara semakin tinggi.

Sementara itu, Bupati Parigi Samsurizal menuturkan, keunikan batu Marantale ini baru mengemukan sekitar satu bulan lalu. Batu ini banyak ditemukan di desa Marantale dan Uwelolu, Kecamatan Siniu.

Harga batu tersebut dalam kondisi mentah dan belum diolah pun terbilang terjangkau. Sebongkah batu marantale sebesar kepalan tangan ditawarkan hanya Rp 80 ribu-Rp 150 ribu.

Sekedar informasi, Menteri Perindustrian Saleh Husin berkunjung ke Parigi dalam rangka kunjungan kerja untuk mengembangkan industri kecil menengah (IKM) di kawasan ini. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini