Sukses

Resmikan PLTB Bantul, Jokowi: Ini Bukan Proyek Ambisius

Jokowi memastikan akan terus memantau proyek yang rencananya tersebar di 240 lokasi di Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program pembangkit listrik 35 ribu mega watt (mw) di Pantai Goa Cemara Dusun Gadingsari Kecamatan Sanden, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peluncuran ini diwarnai dengan peresmian proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) angin 50 mw. Turut mendampingi Jokowi, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dan Menteri Pendidikan Anis Baswedan.

Selain memenuhi janjinya semasa kampanye pada 2014, peresmian proyek ini karena Jokowi menilai Indonesia harus memiliki tenaga terbarukan seperti angin hidrothermal, air dan juga tumbuhan nabati dan biomassa sehingga tak tergantung pada energi fosil.

"Ini bukan proyek yang ambisius dan bukan target yang tinggi tapi ini utang kita kepada rakyat karena banyak belum nikmati listrik. Ini menjadi yang pertama di Indonesia, target kita adalah 35 ribu mw," kata dia di Yogyakarta, Senin (4/5/2015).

Jokowi memastikan akan terus memantau proyek pembangkit listrik yang rencananya tersebar di 240 lokasi di Indonesia. Jumlah tersebut diharapkan bisa memenuhi target 35 ribu mw selama 5 tahun ini.

"Ini bukan pekerjaan gampang namun akan kita pantau 240 lokasi akan terus kita pantau. Agar target tercapai," ujarnya.

Menteri ESDM, Surdirman Said mengatakan PLTB berkapasitas 50 mw ini, menelan investasi hingga Rp 1,5 triliun. Pada proyek ini nantinya akan ada puluhan kincir angin berkapasitas dua juta watt. "Jumlah (kapasitas) ini cukup signifikan karena sudah bisa menjangkau 1/8 dari kebutuhan listrik di Yogyakarta," tandas dia. (Fathi/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini