Sukses

Setelah 400 Tahun Indonesia akan Punya Tol Trans Jawa

Tol tersebut merupakan tol terpanjang di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Lintas Marga Sedaya (LMS) segera meresmikan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan panjang 116 kilometer (km). Rencananya, tol tersebut akan diresmikan pada Lebaran tahun ini.

Komisaris PT Lintas Marga Sedaya Sandiaga Uno mengatakan tol tersebut merupakan tol terpanjang di Indonesia. Keberadaan tol tersebut sudah terencana sejak zaman kolonial dan baru terwujud saat ini.

"Proyek Trans Jawa dimulai dari zaman Deandles setiap tahun nggak selesai. 400 tahun baru selesai," kata dia di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Dia mengatakan, untuk mewujudkan tol ini bukan perkara mudah. Apalagi, ketika dihadapkan pada proses pembebasan lahan.

"Banyak yang meragukan proyek selesai, dengan pembebasan lahan yang kita lalui, ada Suku Dayak yang kita rayu untuk dibangun," ujarnya.

Sandi pun mengucap syukur lantaran dengan proyek ini maka perekonomian pada daerah yang terlewati akan tumbuh. Hal itu juga ditunjang oleh masuknya para investor.

"Kita sangat memudahkan merangsang minat investor dan mendorong minat investasi," katanya.

Tak sekadar itu, dengan tol Cipali maka akses mobilitas akan semakin lancar. Utamanya, dalam menghadapi arus mudik lebaran. "Mobilitas akan mudah, sangat erat diingatan kita kalau kita mudik bisa Simpang Jomin bisa  8-9 jam," tandas dia.(Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.