Sukses

Jokowi Bakal Berikan Benih Gratis Dukung Swasembada Pangan

Pemberian benih itu akan diberikan gratis di 101 kabupaten dan kota yang menjadi sentra produksi jagung.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan memberikan subsidi berupa benih gratis kepada para petani jagung di beberapa wilayah Indonesia.

Menteri Pertanian, Am‎ran Sulaiman mengungkapkan, pemberian benih secara cuma-cuma tersebut akan dilakukan di 101 kabupaten/kota yang menjadi sentra produksi jagung.

"Diupayakan tahun ini kita akan turun dengan gerakan bantuan pemerintah kurang lebih 1 juta hektar lahan. Itu nanti kita akan berikan benih gratis," kata Amran di kantornya, Senin (4/5/2015).

Selain meningkatkan kualitas produksi, dengan ada subsidi tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi jagung di Indonesia yang saat ini sebagian masih dipenuhi dengan cara impor.

Demi menjamin kepastian peningkatan produksi tersebut, benih gratis akan diberikan kepada para petani baru dan lama yang memiliki lahan baru‎ untuk penanaman jagung tersebut.

Tidak hanya benih, Amran mengaku juga akan memberikan pupuk secara cuma-cuma kepada kelompok petani yang masuk dalam kategori yang sudah ditetapkan pemerintah.

"‎Kita akan terus wujudkan program Pak Jokowi untuk swasembada pangan seperti beras, jagung dan kedelai, ini salah satu caranya," ujar Amran.

Amran mengatakan, saat ini kebutuhan jagung di Indonesia sebesar 20 juta ton jagung setiap tahunnya. Namun dari hasil produksi petani dalam negeri hanya mampu menghasilkan 17 juta ton jagung.‎ (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini