Sukses

Berapa Tarif Tol Cikopo-Palimanan?

PT Lintas Marga Sedaya telah menganggarkan dana Rp 12,8 triliun untuk pembangunan tol Cikopo-Palimanan.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Lintas Marga Sedaya (LMS) akan segera meresmikan tol Cikopo-Palimanan (Cipali)  dengan panjang 116 KM pada Juni 2015. Peresmian tol ini mengikuti imbauan pemerintah untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran.

Komisaris PT Lintas Marga Sedaya, Sandiaga Uno mengatakan, kemajuan pembangunan tol Cikopo-Palimanan sudah di atas 95 persen. "Mestinya sudah lebih di atas itu, per hari ini berubah. Saya belum dapat update, melihat proses uji layak," kata dia di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Pihak belum bisa memastikan berapa besaran tarif untuk tarif tol Cipali. Namun, diberitakan sebelumnya untuk golongan I diperkirakan sekitar Rp 750 per KM. Dengan panjang 116 KM maka diasumsikan biaya yang bakal dirogoh mencapai Rp 87 ribu.

"Kita koordinasi karena ada guideline yang sudah diumumkan waktu itu, kepastian menunggu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR)," ujar Sandiaga.

Dia bilang, penggarapan tol sendiri memakan waktu dua tahun terhitung dari awal 2013. Nilai investasinya menelan dana sebesar Rp 12,8 triliun. Sandiaga mengatakan, biaya investasi  tersebut hampir terserap semua hingga kini. "Sudah hampir semua. Equity dan pendanaan sudah semua," tandas dia.

Proyek jalan tol Cipali merupakan bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans-Jawa. Bila sudah selesai, jalan tol ini dapat memangkas waktu perjalan di ruas Pantai Utara Jawa, dan memperlancar arus lalu lintas.  Pemerintah mengharapkan jalan tol itu bisa berfungsi penuh pada Juni-Juli 2015, dan itu bertepatan dengan mudik Lebaran 2015. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.