Sukses

Di Tangan Seniman Ini, Uang Kertas Jadi Karya Seni Luar Biasa

Liputan6.com, Barcelona - Tangan seniman selalu mampu melahirkan karya-karya fantastis yang tak pernah diduga kebanyakan orang. Tengok saja bagaimana tangan salah satu seniman ternama dunia, Sean Diediker menyulap tumpukan uang kertas menjadi potret wajah orang-orang terkenal.

Dibandingkan menggunakan kuas lukis, seniman asal Spanyol tersebut menggunakan uang kertas untuk menciptakan gambar wajah-wajah orang ternama dunia. Pendekatan karya seninya yang unik telah lama mencuri perhatian banyak masyarakat dari berbagai negara.

Bahkan beberapa klien bersedia membayar dalam jumlah besar untuk membawa karya uang tersebut ke rumahnya. Diediker mengatakan, potret wajah yang diciptakannya hanya akan terlihat jika seluruh uang kertas rampung ditempel.

Butuhkan ketelitian yang sangat tajam dalam memposisikan setiap uang kertas demi menghasilkan potret yang diinginkan. Penasaran bagaimana Diediker melakukannya? Berikut ulasan singkatnya seperti dikutip dari accounting-degree.org, ksl.com, oddity central dan sejumlah sumber lain, Senin (4/5/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Butuh waktu berbulan-bulan

Butuh waktu berbulan-bulan

Diediker menjelaskan, karyanya bukan tanpa usaha dan kerja keras. Kesabarannya juga memakan waktu hingga berbulan-bulan demi menghasilkan satu gambar yang dimaksud dan dikenali setiap orang yang melihat.

Menurutnya, tak ada satupun yang akan mengenal siapa orang yang hendak dilukisnya dengan uang kertas hingga semua bahan ditempel. Dia mengaku menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan hanya untuk memulasnya dan membuat gambar tersebut dikenali orang lain.

Berkat gambarnya itu, Diediker berhasil mencuri perhatian stasiun televisi nasional. Dia mengatakan, caranya menggunakan uang sebagai alat kreativitas mencuri perhatian banyak orang lantaran alat lukis belum tentu bisa melakukannya.

3 dari 4 halaman

Potret presiden AS dari dolar

Potret presiden AS dari dolar

Karya seni dari uang yang diciptakannya termasuk potret beberapa presiden dari mata uang dolar AS. Potretnya termasuk gambar George Washington yang dibuat dari pecahan uang kertas US$ 1.

Selain itu, dia juga membuat potret Abraham Lincoln dari pecahan uang kertas US$ 5. Karya termahalnya adalah potret presiden ketujuh AS, Andrew Jackson dengan menggunakan lebih dari US$ 30 ribu pecahan US$ 20.

Tak ketinggalan, Diediker juga berhasil membuat potret wajah Presiden Barack Obama dan salah satu orang terkaya di dunia, Donald Trump. Butuh uang US$ 1 sebanyak US$ 1.400 untuk melukis wajah Trump yang sangat mirip dengan aslinya.

4 dari 4 halaman

Uang punya ciri khas lain

Uang punya ciri khas lain

Diediker merupakan seorang pelukis yang biasa menggunakan kuas dan cat air untuk setiap karyanya. Tapi itu dilakukan jika dia memang berniat menjual karyanya.

Berbeda dengan kebanyakan karyanya yang lain, dia memutuskan melukis wajah dengan menggunakan uang demi memberikan kekhasan baru atas uang tersebut. Menurutnya, karena menggunakan uang, ini menjadi satu-satunya karya yang harganya bisa berubah tergantung nilai tukar dolar.

Saat ini, seluruh gambar presiden yang dibuatnya menggunakan uang kertas telah habis terjual. Hingga kini Diediker tetap merahasiakan berapa harga penjualan potret orang ternama dunia itu.

Sayangnya, kini dia fokus untuk kembali melukis menggunakan kuas dan cat minyak. Tapi jika kliennya kembali dan meminta, bukan berarti dia berhenti menciptakan potret wajah menggunakan uang kertas. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.