Sukses

Harga Minyak Susut Usai Sempat Sentuh Posisi Tertinggi di 2015

Penguatan dolar menyusul membaiknya data pesanan pabrik di AS dalam delapan bulan, juga menekan harga minyak mentah.

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah dunia susut usai sempat menyentuh posisi tertinggi pada tahun ini, dipicu rencana Arab Saudi untuk menghentikan pemboman di Yaman telah meredakan ketegangan tentang kondisi pasokan minyak di Timur Tengah.

Penguatan dolar menyusul membaiknya data pesanan pabrik di AS dalam delapan bulan, juga menekan harga minyak mentah, melansir laman Reuters.

Harga minyak mentah Inggris Brent, yang semakin banyak digunakan patokan minyak dunia, menyentuh posisi tertinggi di tahun ini dari US$ 67,10 sebelum akhirnya menetap satu sen di bawahnya US$ 66,45 per barel di akhir perdagangan.

Libur umum di Inggris telah membatasi volume perdagangan minyak Brent. Sementara minyak mentah AS menetap 22 sen menjadi US$ 58,93 per barel.

Harga minyak ini dipengaruhi usai sebuah aliansi yang dipimpin Arab Saudi, melancarkan kampanye udara terhadap pejuang Houthi di Yaman dan sedang mempertimbangkan gencatan senjata untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan, menurut televisi al-Arabiya milik Arab Saudi mengutip perkataan Menteri Luar Negeri negara itu.

"Berkurangnya ketegangan di Yaman dan Timur Tengah pasti memberikan efek negatif ke harga minyak," kata Phil Flynn, Analis Price Futures Group di Chicago.

Usai harga minyak mentah terbagi antara kekhawatiran atas pasokan global, pasar ternyata kemudian melompat kembali bulan lalu, melonjak 20 persen menjadi 25 persen pada spekulasi kelebihan pasokan minyak mentah AS dapat mulai berkurang.

Timur Tengah dan Afrika Utara menjadi produsen minyak yang berlimpah, dengan ekspor dari Libya menjadi yang tertinggi. Adapun rekor pengiriman minyak Irak pada bulan April dan output OPEC berada pada titik tertinggi dalam dua setengah tahun.(Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.