Sukses

4 Kemampuan Pegawai yang Jadi Idaman Para Bos

Karyawan ideal adalah mereka yang mampu memenuhi target dan ekspektasi para pemilik perusahaan. Ini dia 4 kemampuan yang jadi idaman atasan

Liputan6.com, New York - Seiring perkembangan zaman, pola industri terus mengalami perubahan. Karenanya, sebagai pekerja profesional, Anda juga dituntut untuk lebih fleksibel mengenai kemampuan dan pengetahuan umum.

Para pegawai harus senantiasa mempelajari hal baru guna meningkatkan kinerjanya di kantor. Namun meski industri dan pola kerja mengalami perubahan, tapi terdapat empat kemampuan yang selalu dicari banyak perusahaan pada para pegawainya.

Karyawan ideal adalah mereka yang mampu memenuhi target dan ekspektasi para pemilik perusahaan. Berikut empat kemampuan yang selalu dicari perusahaan pada para karyawannya seperti dikutip dari Career Realism, Rabu (6/5/2015):

1. Kemampuan memimpin

Sebagian orang ditakdirkan memiliki kemampuan memimpin yang baik sementara sebagian lain tidak. Meski begitu, kemampuan memimpin memainkan peranan penting dalam setiap pekerjaan.

Lagipula, tak ada kata terlambat atau terlalu cepat untuk mempelajari kemampuan tersebut. Sayangnya, seringkali kemampuan kepemimpinan tidak diajarkan di tempat kerja tapi Anda dituntut untuk memilikinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Kemampuan komunikasi

Kemampuan berkomunikasi yang baik seringkali menjadi kunci suksesnya sejumlah proyek. Sebagai pegawai, Anda sudah pasti tahu betapa pentingnya sebuah tim kerja dalam menyelesaikan berbagai proyek.

Sementara itu, tak ada satu pun tim kerja yang baik tanpa kemampuan komunikasi yang baik juga. Membayangkan apa yang Anda harapkan mungkin mudah, tapi menyampaikan visi tersebut pada tim kerja Anda belum tentu bisa dengan mudah terselesaikan.

Tak heran, kemampuan komunikasi menjadi salah satu kemampuan idaman para atasan perusahaan agar dimiliki para pegawainya. Kemampuan komunikasi juga dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai masalah internal dengan karyawan.

3. Kemampuan bisnis

Meski beberapa orang menganggap bahwa kemampuan bisnis merupakan bakat yang tak bisa dimiliki sembarangan orang, faktanya kemampuan tersebut dapat dipelajari dengan mudah. Kemampuan bisnis memang terdengar kompleks karena terdiri dari sejumlah kualitas.

Misalnya, pebisnis sukses harus selalu memiiliki visi jangka panjang, selalu jujur dan mampu menilai berbagai peluang yang datang padanya. Kemampuan analisa dan wawasan luas juga menjadi salah satu elemen dalam jiwa berbisnis seseorang yang membuatnya menjadi idaman para atasan.

4. Kemampuan negosiasi

Para pegawai hingga pebisnis sukses harus memiliki kemampuan negosiasi yang bagus. Kemampuan ini sangat penting guna mencapai kesepakatan yang adil antar rekan kerja tanpa mengganggu komunikasi jangka panjang.

Bukan memaksa, tapi para pegawai yang ahli bernegosiasi sangat memahami makna seni berbicara. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.