Sukses

Keren! Gaun Ini Dirajut dari Uang Kertas Senilai Rp 14 Juta

Uang ternyata tak hanya bisa berfungsi sebagai alat transaksi semata. Dengan uang, Anda juga dapat menghasilkan karya seni luar biasa

Liputan6.com, New York - Uang ternyata tak hanya bisa berfungsi sebagai alat transaksi semata. Dengan uang, Anda juga dapat menghasilkan karya seni luar biasa seperti yang berhasil diciptakan seniman asal Amerika Serikat, Dave Cole.

Dari potongan uang US$ 1 sebanyak US$ 1.124 atau Rp 14,7 juta, Cole berhasil membuat sebuah gaun panjang yang bisa dikenakan layaknya pakaian biasa. Kumpulan uang kertas pecahan US$ 1 itu kemudian dipotong-potong dan dijahit layaknya bahan pakaian biasa. (kurs: Rp 13.061/US$)

Potongan uang yang seperti kain perca tersebut dijahit menggunakan tangan sendiri dan berhasil disulap menjadi gaun malam yang cantik. Sayangnya, gaun yang dibuat pada 2006 itu bukan untuk dijual.

Penasaran bagaimana Cole terinspirasi membuat gaun dari uang kertas tersebut? Berikut ulasan singkatnya seperti dilansir dari situs resmi Dave Cole, accounting-degree.org, testpress.net dan sejumlah sumber lain, Selasa (5/5/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok seniman Dave Cole

Sosok seniman Dave Cole

Dave Cole merupakan seniman visual kontemporer asal Amerika Serikat yang sangat ternama. Karya seni pria kelahiran 14 Oktober 1975 ini seringkali bertema politik, patriotisme, noltalgia dan maskulin.

Cole merupakan lulusan dari The Putney School di Vermont, dan menerima gelar Sarjana Kesenian dari Brown University pada 2000. Studionya kini berbasis di Providence, Rhode Island.

Cole menggunakan metode kesenian seperti menjahit, merajut dan dan membuat patung-patung yang sarat akan kritik patriotisme, industri, dan kehidupan rumah tangga di AS. Dia menggunakan tema kontroversial dan metode yang tidak biasa dari konstruksi untuk membuat potongan-potongan lucu dan hampir subversif.

Banyak karyanya yang dibuat dalam ukuran besar dan dia telah berkarya secara konsisten sejak 2000.

3 dari 4 halaman

Gaun dari uang kertas

Gaun dari uang kertas

Cole kembali menggegerkan dunia fashion saat dirinya berhasil menjahit potongan uang US$ 1 senilai US$ 1.124 menjadi gaun malam yang cantik. Gaun berwarna hijau tanpa lengan itu merupakan hasil jahitan tangan Cole.

Jangan protes dulu, uang yang digunakan Cole merupakan pecahan uang kertas yang sudah tak terpakai. Pakaian itu sempat dipamerkan di pameran
Radical Lace & Subversive Knitting di Museum of Arts and Design, New York.

Cole mampu menggunakan cara-cara yang tak pernah terduga sebelumnya dalam menyatukan pecahan uang kertas tersebut menjadi gaun malam. Gaun tersebut juga menggunakan pola Vera Wang yang tidak mudah bagi kebanyakan seniman lain.

4 dari 4 halaman

Karya-karya lain David Cole

Karya-karya lain David Cole

Tak hanya menjahit gaun dengan menggunakan uang kertas, David Cole juga tercatat pernah menciptakan sejumlah karya luar biasa.
Dia menyebutkan, P.T. Barnum sebagai salah satu pengaruh terbesar pada setiap karyawanya.


Pada 2008, dia menciptakan karya seni besar bernama Flags of the World. Cole membuat replika bendera AS dari mainan serdadu yang tengah memegang senjata. Cole tampak senang menari di industri tersebut mengingat dirinya begitu menekuni duni rajut dan jahit.

Tak hanya itu, Cole bahkan pernah membuat pakaian bayi dengan menggunakan bahan anti peluru. Gagasan-gagasan Cole selalu unik menyatukan, norma, budaya, dan menyatukannya pada sebuah objek tertentu. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini