Sukses

Alasan Menteri ESDM Tunjuk Wiratmaja Puja Jadi Dirjen Migas

IGN Wiratmaja Puja terpilih dari 110 orang mengikuti proses rekrutmen Dirjen Migas.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya menunjuk I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas (Migas) definitif setelah sebelumnya menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Migas.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, keputusan  menetapkan Wiratmaja sebagai Dirjen Migas terbilang tidak mudah dan membutuhkan waktu panjang.

"Tidak mudah itu maksudnya tidak semata-mata saya nyomot kemudian jadi. Jadi prosesnya melalui open recruitment, berbulan-bulan, dibuka untuk banyak orang dan di seleksi," ujar Sudirman di Kantor SKK Migas, Jakarta, seperti ditulis Rabu (6/5/2015).

Dia menjelaskan, Wiratmaja dianggap orang paling tepat menjabat sebagai Dirjen Migas melalui mekanisme rekrutmen ini.

"Dari 110 orang menjadi 30 orang dan menjadi 15 orang. Salah satu di antaranya Pak Wirat, kebetulan dalam rangking tiga orang yang diajukan menempati rangking pertama. Ini ditentukan oleh pansel, jadi sesuatu yang sangat objektif berjalan," lanjut dia.

Sudirman mengungkapkan, Wiratmaja dianggap sebagai pilihan paling tepat karena telah memiliki pengalaman serta mampu merangkul para pelaku usaha pertambangan, baik di dalam maupun asing.

"Kenapa usulkan kembali Pak Wirat? Karena ke dalam dan ke stakeholder sudah diterima dengan baik. Jadi rasanya kalau Pak Wirat duduk disana pekerjaan saya sebagai menteri akan sangat dibantu," kata dia.

Pelantikan Dirjen Migas akan dilakukan pada Kamis 7 Mei 2015. "Karena itu tadi sore diputuskan bahwa Pak Wirat. Hari Kamis akan dilantik menjadi Dirjen," ujar Sudirman. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.