Sukses

Genjot Investasi, Pemerintah Bentuk Komite Eksplorasi Nasional

Komite eksplorasi nasional akan dipimpin oleh Andang Bachtiar yang merupakan anggota Dewan Energi Nasional (DEN).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membentuk Komite Eksplorasi Nasional. Komite ini membantu pemerintah untuk mendorong investasi di sektor tambang.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, komite ini akan dipimpin oleh Andang Bachtiar yang merupakan anggota Dewan Energi Nasional (DEN) untuk urusan dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas. "Beliau memang aktif di Dewan Energi Nasional," ujar Sudirman di Kantor SKK Migas, Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Sudirman menjelaskan, pembentukan komite ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mengkaji eksplorasi komoditas pertambangan di dalam negeri.

"Untuk urusan eksplorasi akan membentuk tim yang arahnya bagaimana kita mendorong eksplorasi besar-besaran karena kita sadar cadangan kita terus menipis," lanjutnya.

Menurut dia, pembentukan Komite Eksplorasi Nasional juga sebagai bentuk eksekusi dari rekomendasi yang sebelumnya ada. Hal ini sebagai bukti pemerintah serius mengembangkan sektor pertambangan.

"Rekomendasi sudah banyak, ini saatnya eksekusi. Kita tidak membuat rekomendasi tapi mencoba menjalankan apa yang sudah pernah direkomendasikan," kata dia.

Dengan adanya komite ini juga diharapkan bisa mendorong investasi sektor pertambangan di Tanah Air. "Aspek kajiannya mulai dari regulasi, eksekusi di lapangan, koordinasi antara pemerintah pusat daerah, antar kementerian, hal-hal teknis. Termasuk bagaimana memperbaiki iklim investasi supaya makin banyak pihak yang tertarik pada eksplorasi,"kata Sudirman. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.