Sukses

Ekspor RI ke Polandia Ditargetkan Tembus US$ 1,1 Miliar

Produk Indonesia berpotensi masuk pasar Polandia antara lain tekstil, bank, CPO, kopi, produk perikanan dan pertanian.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus melakukan penetrasi pasar di kawasan Uni Eropa guna meningkatkan ekspor produk Indonesia. Salah satu pasar yang akan dikembangkan yaitu Polandia.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan, pihaknya menargetkan nilai ekspor Indonesia ke Polandia mencapai US$ 1,1 miliar pada 2019.

"Target utama Indonesia di Polandia saat ini adalah perluasan pangsa pasar untuk produk-produk Indonesia dibanding negara pesaing di ASEAN," ujar Rachmat dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Dia mengatakan, produk-produk Indonesia banyak yang memiliki potensi untuk masuk ke pasar Polandia, antara lain tekstil dan produk tekstil, ban, CPO, kopi, produk perikanan dan pertanian.

"Nilai perdagangan Indonesia terhadap Polandia dalam 5 tahun terakhir menunjukan nilai positif dengan kecenderungan meningkat sebesar 9,3 persen per tahun," kata Rachmat.

Untuk merealisasikan penetrasi pasar ini, Kementerian Perdagangan tengah melakukan penjajakan untuk pembukaan kantor Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) di Polandia. Dengan adanya lembaga ini diharapkan mampu memaksimalkan promosi produk-produk asal Indonesia di negara tersebut.

"Fokus kita untuk mencapai target ekspor serta memberi solusi dari berbagai hambatan dan memanfaatkan peluang di setiap negara," ujar Rachmat. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini