Sukses

Jokowi Bakal Pimpin Langsung Rakornas Pengendalian Inflasi

Rakornas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) akan diikuti 400 Gubernur, Walikota dan Bupati serta melibatkan 10 Kementerian.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bakal memimpin langsung Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang akan dilakukan akhir Mei 2015 di Jakarta.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengungkapkan rakornas tersebut akan membahas mengenai peningkatan peran pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi.
‎

"Jadi sebagaimana kita jalankan selama 6 tahun terakhir, di Indonesia ada rakornas tingkat tertinggi membahas tentang inflasi. Kita menyambut baik, Bapak Presiden menyampaikan kesediaannya untuk memimpin sendiri rakornas," kata Agus di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Agus menambahkan, apa yang dilakukan ini untuk mencapai target inflasi 4 persen pada tahun ini. Lalu target inflasi mencapai 3,5 persen pada 2018. Rakornas ini akan diikuti setidaknya 400-an Gubernur, Walikota, Bupati dan melibatkan 10 Kementerian.
‎

Agus mengatakan, pengendalian inflasi menjadi salah satu poin penting demi menjaga daya beli masyarakat. Hal itu akan berpengaruh untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia secara langsung.
‎

"Inflasi ini memang harus dikendalikan, karena kita sama-sama tahu inflasi itu adalah membuat rakyat penghasilannya digerogoti. Dengan kenaikan harga akan membuat penghasilan rakyat turun," kata Agus.

Agus menuturkan, inflasi ini juga mempengaruhi daya saing Indonesia mengingat saat ini secara rata-rata masih di atas 5 persen. Dengan angka tersebut jika dibandingkan dengan beberapa negara di Asean, inflasi Indonesia cukup tinggi.

Beberapa negara Asean seperti Singapura, Malaysia, Filipina selama puluhan tahun mampu mempertahankan inflasi di bawah 5 persen. Hal itu yang saat ini sedang diupayakan oleh pemerintah.

"‎Jadi kita melihat bahwa sekarang ada kesempatan untuk Indonesia capai inflasi sesuai target kita yaitu inflasi 4%±1%, terutama karena koordinasi antara pemerintah pusat, BI, dan daerah itu baik sekali, dan komitmen untuk mewujudkannya," terang Agus.  (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini