Sukses

Menkeu Sindir Pemerintah Daerah Soal Pengendalian Inflasi

Pemerintah daerah selama ini masih sering mengkambinghitamkan pemerintah pusat soal inflasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan ‎menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di akhir bulan ini yang akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jelang penyelenggaraan rakornas tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan acara tersebut menjadi hal yang sangat penting mengingat selama ini partisipasi pemerintah daerah (pemda) dalam pengendalian inflasi masih kurang.

Dikatakan Bambang, pemerintah daerah selama ini masih sering mengkambinghitamkan pemerintah pusat yang seolah-olah bertanggung jawab dalam laju angka inflasi tersebut.

"‎Karena masih ada kesan seolah-olah inflasi itu tugasnya pemerintah pusat. Padahal inflasi itu kan langsung menyentuh kepentingan masyarakat setempat, jadi harusnya pemda harus punya konsen yang sama dengan pemerintah pusat," papar Menkeu di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (6/5/2015).

‎Bambang menambahkan saat ini permasalahan inflasi adalah bagaimana pemerintah darah dan pusat terus berkomunikasi dalam mengendalikan stok bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Mengingat pemerintah pusat diakui Bambang masih memiliki kekurangan dalam menjangkau seluruh daerah di Indonesia, dirinya meminta kepada pemda untuk langsung melakukan eksekusi dalam menjaga kestabilan harga.

Tidak hanya itu, salah satu hal yang harus dikendalikan langsung pemerintah daerah adalah mengendalikan biaya transportasi atau angkutan umum.

"Karena pemerintah pusat tidak bisa masuk ke situ, karena itu wewenang dari pemda, jadi sangat banyak yang bisa dilakukan pemda," tegas Bambang.(Yas/Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini