Sukses

Tanpa Lem Gunting, Uang Kertas US$ 1 Disulap Jadi Origami Unik

Salah satu seniman asal Jepang, Won Park berhasil membuat banyak origami dengan menggunakan uang kertas.

Liputan6.com, Tokyo - Tak hanya bankir atau akuntan yang pekerjaan sehari-harinya berkutat dengan uang. Dengan kreativitas yang seolah tanpa batas, uang juga dapat menjadi inspirasi bagi para seniman dan melibatkannya pada karya-karya terbaiknya.

Salah satu seniman asal Jepang, Won Park berhasil membuat banyak origami dengan menggunakan uang kertas. Meski berasal dari Jepang, seniman ini menggunakan uang kertas dolar AS sebagai medianya berkarya.

Dengan keahliannya, Won berhasil membuat ikan koi dengan selembar uang kertas pecahan US$ 1. Hebatnya, Won tak menggunakan gunting, lem atau pita untuk menghasilkan karya luar biasa yang kini telah medunia tersebut.

Penasaran dengan hasil karya Won yang lain? Berikut ulasan singkatnya seperti dikutip dari accounting-degree.org, thisiscolossal.com, neatorama.com dan sejumlah sumber lain, Rabu (6/5/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Master Origami

Won Park, Master Origami

Origami merupakan seni melipat kertas tradisional dari Jepang. Tujuan dari karya seni ini adalah untuk menciptakan representasi sebuah objek menggunakan lipatan geometris dan menciptakan pola yang mengesankan.

Seni melipat kertas ala Jepang ini biasanya dilakukan tanpa menggunakan lem atau menggunting kertas tersebut. Umumnya, untuk membuat satu objek, pembuat origami hanya menggunakan satu lembar kertas.

Saat ini, seniman asal Jepang, Won Park dikenal sebagai master origami. Dia juga dikenal sebagai `Money Folder` (pelipat uang) karena dirinya sering membuat origami dengan menggunakan satu lembar uang pecahan US$ 1.

3 dari 4 halaman

Cara Won Park Membuat Origami

Cara Won Park Membuat Origami

Seperti kebanyakan origami lain, Won Park tidak menggunakan lem atau gunting untuk menciptakan karya-karya menakjubkan. Dirinya hanya perlu menekuk, memelintir, dan melipat uang satu dolar untuk membentuknya menjadi objek yang dia inginkan.

Bentuk-bentuk objek yang dibentuk Won terinspirasi dari makhluk hidup atau benda mati. Anda yang melihat akan terpukau dengan cara Won memperhatikan setiap detil objek yang dibuatnya.

Benda-benda mati yang dibuatnya menggunakan uang satu dolar seperti, toilet duduk, mesin konstruksi, jaket, kamera, hingga tank perang. Tak hanya itu, dirinya juga menggunakan uang 10 euro untuk membuat objek mirip ayam jago.

4 dari 4 halaman

Karya-karya Won


Karya-karya Won

Soal origami ikan koi, cara Won melipat bagian mata ikan tersebut sangat mengesankan hingga terlihat timbul seperti aslinya. Tak hanya itu, bahkan lipatan uang kertas juga bisa membentuk kumis ala ikan koi.

Won juga bisa memisahkan warna hitam untuk ekor koi dan warna hijau untuk bagian badan ikan. Tak hanya mampu membuat ikan koi, dengan uang satu dolar, tangan lihai Won mampu membentuk, kelelawar, lumba-lumba, kepiting, hiu, hingga penguin yang bisa berdiri.

Lebih luar biasa lagi, Won mampu menciptakan pesawat-pesawat luar angkasa yang dipercantik dengan latar belakang malam hari saat foto diambil. Jangan lupa, seluruh karya Won itu tercipta dari satu lembar uang kertas bernilai US$ 1 saja.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.