Sukses

7 Perusahaan RI Jadi yang Paling Berpengaruh di Dunia

Daftar ini tertuang dalam laporan bertajuk Global 2000.

Liputan6.com, Jakarta - Majalah bisnis dan finansial asal Amerika, Forbes melansir daftar perusahaan yang memiliki pengaruh kuat di dunia pada 2015. Daftar ini tertuang dalam laporan bertajuk Global 2000.

Dari daftar tersebut, tujuh perusahaan Indonesia masuk sebagai perusahaan yang memiliki pengaruh kuat dan paling bernilai di dunia. Penilaian ini dilihat dari tingkat pendapatan yang tinggi, laba, aset dan market value.

Dalam keterangan Forbes, Kamis (7/5/2015), hanya ada tujuh perusahaan Indonesia yang masuk daftar ini. Angka ini menurun dibandingkan tahun 2014, di mana ada sembilan perusahaan yang mewakili Indonesia dalam daftar tersebut.

Perlambatan ekonomi Indonesia dikombinasikan dengan pelemahan rupiah disebutkan menjadi penyebab dua perusahaan Indonesia tersingkir dari Daftar Global 2.000 ini, yakni PT Semen Indonesia tbk dan PT Bank Danamon tbk.

"Meskipun rupiah melemah dan terjadi perlambatan ekonomi, faktanya tujuh perusahaan masih tetap bercokol dalam daftar 2.000 perusahaan terbesar dan terbaik di dunia. Ini menjadi tanda pentingnya Indonesia dalam ekonomi global," kata Justin Doebele, Kepala Penasihat Editorial Forbes Indonesia.


Adapun ketujuh perusahaan tersebut, yakni:

1. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)     Peringkat 457

2. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)                 Peringkat 490

3. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)          Peringkat 630

4. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) Peringkat 783

5. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)     Peringkat 927

6. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)    Peringkat 1.542

7. PT Gudang Garam Tbk (GGRM)               Peringkat 1.679

(Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini