Sukses

Harga Emas Susut Menyerah dari Penguatan Dolar

Emas telah diperdagangkan dalam rentang perdagangan yang relatif sempit sekitar US$ 80 per ounce.

Liputan6.com, New York - Harga emas harus menyerah terhadap kekuatan dolar Amerika Serikat (AS) dipicu imbal hasil obligasi dan ketidakpastian waktu kenaikan suku bunga AS.

Harga emas berjangka AS untuk Juni susut US$ 8,10 menjadi US$ 1,182.20 per ounce. "Hasil nyata yang lebih tinggi merupakan faktor yang lebih dominan dari pelemahan harga emas saat ini," kata Analis ABN Amro Georgette Boele, melansir laman Reuters.

Emas telah diperdagangkan dalam rentang perdagangan yang relatif sempit sekitar US$ 80 per ounce antara US$ 1.142 dan US$ 1.224 sejak pertengahan Februari, dibandingkan posisinya pada Januari sekitar US$ 150 per ounce.

Imbal hasil obligasi di Eropa dan Amerika Serikat telah meningkat karena kekhawatiran deflasi. Kondisi ini meringankan pemulihan harga minyak dan mengantisipasi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS di akhir tahun ini.

Karena investasi emas tidak membayar bunga, kenaikan pendapatan dari obligasi AS dan pasar lainnya dipandang sebagai hal negatif untuk logam mulia

Kepala The Fed Janet Yellen memperingatkan bahwa suku bunga AS yang rendah dalam jangka panjang bisa membuat Fed menormalkan kebijakan, menyebabkan gangguan di sistem keuangan. "Komentar Yellen tentang imbal hasil obligasi terus membebani emas," kata ANZ dalam sebuah catatannya.

Emas gagal memanfaatkan laporan ekonomi AS dan ekuitas yang lebih rendah, dan meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan penurunan harganya lebih lanjut, kata para pedagang.

Investor difokuskan pada rilis laporan nonfarm payrolls di April yang akan menjadi gambaran yang lebih jelas tentang kesehatan ekonomi.(Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas